Alaska Diguncang Gempa 6,8 SR, Tak Ada Peringatan Tsunami

Sonya Michaella    •    Senin, 09 Oct 2017 12:13 WIB
gempa bumi
Alaska Diguncang Gempa 6,8 SR, Tak Ada Peringatan Tsunami
Ilustrasi.

Metrotvnews.com, Juneau: Gempa berkekuatan 6,6 Skala Richter (SR) mengguncang lepas pantai barat negara bagian Amerika Serikat (AS), Alaska. Sejauh ini, tak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

Survei Geologi AS (USGS) menyebutkan, gempa tersebut terjadi pada kedalaman 111,8 kilometer dan 60 kilomter sebelah timur Pulau Bulpen, di Kepulauan Aleutian yang didiami sekitar 8 ribu penduduk.

"Secara keseluruhan, populasi wilayah ini berdiri pada struktur yang tahan gempa, meskipun ada struktur yang rentan," jelas pernyataan dari USGS, dikutip dari AFP, Senin 9 Oktober 2017.

"Jenis bangunan rentan paling utama adalah susunan bata yang tidak diperkuat ulang dan juga konstruksinya," lanjut pernyataan tersebut.

USGS pun tidak mengeluarkan imbauan evakuasi untuk bencana alam ini. Namun, disarankan agar warga tetap waspada dan bersiap jika ada gempa susulan. 

Sebelumnya, pada Juli 2017 lalu, Alaska juga sempat diguncang gempa berkekuatan 7,8 SR, lebih kuat dari gempa hari ini.

Saat itu, pusat gempa berada di utara Samudera Pasifik, antara ujung gugusan Kepulauan Aleutian di Alaska dengan Semenanjung Kamchatka di Rusia.


(WIL)