Ivan Duque Dilantik sebagai Presiden Kolombia

Arpan Rahman    •    Rabu, 08 Aug 2018 16:37 WIB
venezuelakolombia
Ivan Duque Dilantik sebagai Presiden Kolombia
Ivan Duque dilantik menjadi Presiden Kolombia di Bogota, 7 Agustus 2018. (Foto: AFP/RAUL ARBOLEDA)

Bogota: Ivan Duque resmi dilantik sebagai presiden Kolombia ke-60, di tengah kekhawatiran dirinya akan memengaruhi proses perdamaian di negara tersebut.

Seperti dikutip dari Al-Jazeera, Selasa 7 Agustus 2018, lebih dari 12.000 polisi dikerahkan ke ibu kota Bogota untuk pelantikan Duque pada Selasa 7 Agustus 2018.

Kepala negara Argentina, Bolivia, Kosta Rika, Chile, Ekuador, Guatemala, Honduras, Meksiko, Panama, dan Republik Dominika menghadiri acara pelantikan di Lapangan Bolivar.

Duta besar PBB, Nikki Haley juga hadir dalam pelantikan Duque. Hadir pula Wali Kota AS dari Miami, Francis Suarez, serta pemimpin Partai Populer Spanyol, Pablo Casado.

Sementara itu, otoritas penerbangan sipil Kolombia melarang pesawat tak berawak atau drone memasuki wilayah tersebut pada Senin kemarin. 

Pelarangan dilakukan setelah terjadi serangan drone yang diduga ditujukan kepada Presiden Venezuela Nicolas Maduro pada Sabtu lalu.

Maduro menuduh  Presiden Kolombia saat itu, Juan Manuel Santos, sebagai dalang di balik serangan. Santos dengan tegas membantahnya.

Duque, mantan senator 42 tahun, mengalahkan kandidat berhaluan kiri, Gustavo Petro, dalam pemilihan umum presiden pada Juni lalu dengan rairah 54 persen suara.

Sebagai presiden termuda dalam sejarah Kolombia, Duque diperkirakan akan menunjuk sebuah kabinet yang sebagian besar terdiri dari teknokrat, dengan persentase sama antara wanita dan pria.


(WIL)