Peran Aktif RI dalam Perdamaian Mendorong Pencalonan di DK PBB

   •    Kamis, 12 Oct 2017 09:33 WIB
indonesia-meksiko
Peran Aktif RI dalam Perdamaian Mendorong Pencalonan di DK PBB
Dubes RI untuk Meksiko Yursa Khan (paling kiri) bersama Wamenlu Meksiko Carlos Alberto de Icaza Gonzalez (Foto: KBRI Meksiko City).

Metrotvnews.com, Meksiko City: Resepsi diplomatik untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia kembali digelar di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Mexico City. 
 
Resepsi yang terselenggara pada Kamis 5 Oktober lalu di Wisma Duta ini dihadiri oleh sekitar 300 tamu undangan dari kalangan Kementerian Luar Negeri dan institusi Pemerintah Meksiko lainnya, kalangan Parlemen Meksiko. Hadir pula para Duta Besar dan wakil perwakilan asing yang terakreditasi di Meksiko, para Konsul Kehormatan RI di Monterrey dan Guadalajara, kalangan pengusaha, diaspora dan masyarakat Indonesia di Meksiko, dan kalangan pers setempat. 
 
Hadir sebagai tamu kehormatan yaitu Wakil Menteri Luar Negeri Meksiko Carlos Alberto de Icaza Gonzalez, yang didampingi oleh Duta Besar Alfonso de María y Campos, Direktur Jenderal Asia Pasifik Kementerian Luar Negeri Meksiko. 
 
Dalam sambutannya yang disampaikan dalam Bahasa Spanyol, Duta Besar RI untuk Meksiko sampaikan kiprah Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia, sejak masa kemerdekaan hingga masa pemerintahan Presiden Joko Wibowo.
 
"Peran aktif Indonesia untuk jaga perdamaian dunia tercermin dari komitmen dan tindakan Indonesia dalam berbagai fora internasional, termasuk diantaranya dalam berbagai operasi Pasukan Perdamaian PBB sejak tahun 1957. Peran aktif inilah yang mendorong Indonesia untuk mencalonkan diri sebagai anggota non-permanen Dewan Keamanan PBB periode 2019–2020," ujar Dubes Yusra Khan, dalam keterangan tertulis KBRI Meksiko yang diterima Metrotvnews.com, Kamis 12 Oktober 2017. 
 
Dubes Yusra Khan dalam pidatonya juga menggarisbawahi kerja sama Indonesia dengan Meksiko. Kerja sama bilateral kedua negara terus berkembang sejak tahun 1953, di mana Indonesia merupakan pintu gerbang memasuki pasar Asia Tenggara bagi Meksiko, dan Meksiko adalah pintu gerbang Indonesia ke pasar Amerika Latin. Keeratan kerja sama Indonesia dan Meksiko tersebut masih tetap memiliki ruang untuk terus ditingkatkan.
 
Wamenlu Meksiko Carlos Alberto de Icaza Gonzalez, menyampaikan pula perkembangan kerja sama Indonesia–Meksiko yang terus berkembang di berbagai fora Internasional, seperti MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea, Turki, Australia) dan G-20. 
 
"Diharapkan kerja sama erat ini dapat terus ditingkatkan. Kami menyampaikan kembali undangan Presiden Enrique Peña Nieto kepada Presiden RI untuk mengunjungi Meksiko, yang pertama kali disampaikan secara lisan dalam pertemuan G-20 di Brisbane bulan November 2014, dan secara tertulis pada awal tahun 2015," tutur Wamenlu Gonzalez. 
 
Resepsi diplomatik merupakan acara tahunan yang dilaksanakan oleh hampir seluruh kedutaan besar asing mana pun di luar negeri, terutama pada hari nasional mereka. "Resepsi ini tidak hanya untuk mempererat hubungan kedua bangsa, namun juga sebagai sarana promosi ekonomi, budaya dan lain-lain," kata Duta Besar Yusra Khan, usai penyelenggaraan resepsi. 
 
Untuk itu, pada resepsi diplomatik Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI ini, KBRI Mexico City sekaligus mempromosikan keragaman kuliner khas nusantara dengan menyuguhkan aneka makanan khas Indonesia, seperti Sate Padang, Bakwan Malang, Rendang, Rempeyek, Kue Lumpur, Kolak Biji Salak, dan Bir Pletok. 
 
Para tamu tampak sangat menikmati hidangan serta suasana hangat dan santai yang tercipta siang itu. Mereka juga menikmati suguhan budaya, yaitu penampilan Tari Panyembrama dan Tari Piring, serta alunan musik kecapi dan suling yang dimainkan selama resepsi oleh kelompok pemusik pimpinan Daniel Milan, alumni beasiswa Darmasiwa - Indonesia. 
 
Suasana resepsi bertema DKI Jakarta yang diramu dengan kekayaan budaya Indonesia lainnya, baik dalam dekorasi, sajian makanan tradisional dan penampilan seni musik dan tari tradisi memperoleh pujian dari beberapa tamu yang hadir. Guadalupe Franco, rekan kerja KBRI dari Pemerintah Kota Tlalmanalco di Estado de Mexico, sampaikan kekaguman atas tampilan musik yang memikat serta suguhan makanan yang lezat. 



(FJR)