Perkuat Keamanan AS, Trump Pangkas Dana Bantuan ke Negara Lain

Sonya Michaella    •    Kamis, 16 Mar 2017 14:12 WIB
pemerintahan as
Perkuat Keamanan AS, Trump Pangkas Dana Bantuan ke Negara Lain
Presiden AS, Donald Trump akan segera pangkas dana Kemenlu AS untuk negara lain. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Washington: Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump akan mengajukan pemangkasan terhadap anggaran bantuan AS bagi negara asing demi meningkatkan anggaran keamanannya.

Kabarnya, pemangkasan anggaran Kementerian Luar Negeri AS mencapai 28 persen.

Dilansir AFP, Kamis 16 Maret 2017, langkah ini dipastikan akan mengurangi drastis bantuan untuk negara asing dan ke badan-badan PBB.

Sementara itu, Pentagon mendapatkan peningkatan anggaran sebesar 10 persen. Padahal, anggaran Pentagon saat ini sudah lebih besar daripada gabungan alokasi tujuh negara terbesar lain di dunia.

Secara terpisah, sekitar USD4 juta akan dialokasikan tahun ini dan selanjutnya untuk mulai membangun tembok perbatasan Meksiko-AS.

Sebelumnya, Trump berulang kali telah menyatakan Meksiko yang akan membayar pembangunan tembok perbatasan yang diperkirakan akan memakan biaya sekitar USD15 juta.

Garis besar proposal Trump meliputi hanya sebagian kecil dari USD3,8 triliun total anggaran federal yang didominasi bidang kesehatan, pensiun dan lainnya. Proposal ini pun akan direvisi habis-habisan oleh Kongres sebelum pada akhirnya disahkan pada Mei yang akan datang.

Kepala bidang Anggaran Gedung Putih Mick Mulvaney mengatakan dirinya mencari inspirasi untuk proposal ini dari pidato-pidato Trump.

Anggaran tersebut adalah sinyal untuk para pendukung Trump bahwa sang Presiden tidak hanya berbicara, tapi mau beraksi.


(FJR)

Imbas Teror Bom Manchester, Chelsea Tunda Parade Juara
Serangan Teror di Kota Manchester

Imbas Teror Bom Manchester, Chelsea Tunda Parade Juara

9 hours Ago

Untuk menghormati mereka yang menjadi korban, manajemen Chelsea akhirnya memutuskan untuk menunda…

BERITA LAINNYA