AS Hidupkan kembali Armada Kedua untuk Hadapi Rusia

Willy Haryono    •    Sabtu, 05 May 2018 14:11 WIB
amerika serikat
AS Hidupkan kembali Armada Kedua untuk Hadapi Rusia
Armada Kedua akan berbasis Norfolk, Virginia. (Foto: AFP/Getty)

Washington: Angkatan Laut Amerika Serikat berencana menghidupkan kembali Armada Kedua di Atlantik seiring aktivitas Rusia yang semakin agresif. 

Kepala Operasi AL Laksamana John Richardson mengatakan Armada Kedua, dibubarkan pada 2011, akan memperkuat pasukan di Pesisir Timur AS dan Atlantik Utara. 

Dia menyebut bahwa Strategi Pertahanan Nasional, dirilis beberapa waktu lalu tahun ini, memaparkan bahwa era kompetisi kekuatan besar dunia sudah kembali. Dalam strategi ini, AS menjadikan Rusia dan Tiongkok sebagai dua negara prioritas yang perlu diwaspadai. 

Dibubarkan karena alasan menghemat biaya, Armada Kedua akan dihidupkan kembali dan berbasis di lokasi awalnya -- Norfolk, Virginia. 

"Strategi Pertahanan Nasional kami menyatakan dengan jelas bahwa kita kembali ke era kompetisi kekuatan besar, seiring dengan berlanjutnya situasi keamanan yang semakin menantang dan kompleks," ujar Laksamana Richardson di atas kapal USS George, seperti dilansir BBC, Sabtu 5 Mei 2018. 

"Itulah mengapa hari ini, kami menghidupkan kembali Armada Kedua untuk mengatasi beragam perubahan ini, terutama di Atlantik utara," lanjut dia. 

Armada Kedua AS: 
1. Dibentuk sebagai Armada Tugas Kedua usai Perang Dunia II
2. Didesain ulang sebagai Armada Kedua pada 1950 untuk mendukung NATO
3. Bertanggung jawab atas wilayah Atlantik Utara
4. Sebelum 2011, Armada Kedua terdiri dari 126 kapal, 4.500 pesawat dan 90 ribu personel



(WIL)