Pentagon Akui Serangannya di Suriah Hantam Warga Sipil

Willy Haryono    •    Rabu, 14 Sep 2016 10:15 WIB
krisis suriah
Pentagon Akui Serangannya di Suriah Hantam Warga Sipil
Seorang pria menaiki kuda di kota Aleppo, Suriah, 13 September 2016. (Foto: AFP/THAER MOHAMMED)

Metrotvnews.com, Washington: Kementerian Pertahanan Amerika Serikat atau Pentagon mengatakan telah meluncurkan serangkaian serangan terhadap kelompok militan Islamic State (ISIS) di Suriah dalam beberapa hari terakhir. 

Pentagon mengakui mungkin dari serangkaian serangan itu, ada beberapa "yang berujung pada kematian warga sipil."

Menurut pernyataan dari Komando Pusat AS (CENTCOM), seperti dikutip AFP, insiden yang dimaksud Pentagon terhadap pada tanggal 7, 10 dan 12 September. Pentagon tidak merilis detail korban jiwa maupun luka. 

CENTCOM menyebut dalam operasi militer pada 10 September "di dekat Raqqa," serangan udara terhadap target ISIS mungkin menewaskan sejumlah warga sipil. 

Pada 7 September, serangan di dekat Dayz Az Zawr yang juga ditujukan kepada ISIS, mengenai sebuah kendaraan non-militer. Kendaraan itu melintas ke titik target setelah amunisi dilepaskan dari pesawat. 

Lima hari setelahnya, peristiwa serupa seperti di Dayz Az-Zawr juga terjadi di dekat Ash Shaddadah. Sebuah kendaraan non-militer melintas ke area target dan terkena misil jet tempur. 

Saat ini pasukan Irak, yang didukung kekuatan udara koalisi pimpinan AS, tengah mempersiapkan diri untuk merebut kembali Mosul dari ISIS. ISIS merebut Mosul pada 2014 dan hingga kini masih menjadi markas utamanya di Irak.


(WIL)