Ekuador Sita Kapal Tiongkok Berisi 300 Ton Ikan Hiu

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 16 Aug 2017 14:33 WIB
satwa
Ekuador Sita Kapal Tiongkok Berisi 300 Ton Ikan Hiu
Ratusan ton daging ikan hiu ditemukan di kapal asal Tiongkok. (Foto: EPA)

Metrotvnews.com, Quito: Pemerintah Ekuador menyita kapal asal Tiongkok yang ditemukan di sekitar Kepulauan Galapagos pada Minggu kemarin.

Kapal bernama Fu Yuan Yu Leng 999 itu membawa muatan ikan seberat 300 ton, yang sebagian besarnya adalah hiu.

Hiu yang ada di dalam kapal tersebut mayoritas jenis kepala palu. Menurut laman BBC, Rabu 16 Agustus 2017, sekitar 20 kru kapal terancam menjalani hukuman tiga tahun penjara jika terbukti bersalah atas perdagangan spesies dilindungi.

Kepulauan Galapagos merupakan situs warisan dunia UNESCO karena kekayaan alam beragam ditemukan di area tersebut.

Menteri Lingkungan Hidup Ekuador Tarsicio Granizo menuturkan, seorang hakim meminta agar para kru kapal dibui sementara sembari menunggu hasil persidangan.

"Tidak semua yang ditangkap merupakan hewan yang dilindungi. Namun pada faktanya, mereka menangkap hiu muda, terlebih bayi hiu, yang diidentifikasi merupakan spesies dilindungi," seru Granizo dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, Direktur Taman Nasional Galapagos Walter Bustos, menyebutkan bahwa Fu Yuan Yu Leng 999 merupakan kapal terbesar yang tertangkap di cagar alam maritim tersebut.

Pada 2015, polisi Ekuador menemukan sebanyak 200 ribu sirip ikan hiu yang hendak dikirim ke Asia.

Sirip ikan hiu merupakan bahan makanan utama bagi hidangan khas Tiongkok. Biasanya, sirip hiu disajikan dalam bentuk makanan berkuah.


(WIL)