Mantan Sandera Taliban Didakwa Pelecehan Seksual

Arpan Rahman    •    Rabu, 03 Jan 2018 19:10 WIB
talibanpenyanderaan
Mantan Sandera Taliban Didakwa Pelecehan Seksual
Joshua Boyle pernah ditahan bersama keluarganya oleh militan Taliban (Foto: AFP).

Ottawa: Seorang pria, yang pernah ditahan bersama keluarganya oleh militan Taliban, ditangkap di Kanada dan menghadapi beberapa tuduhan penyerangan.
 
Joshua Boyle dituntut 15 dakwaan, termasuk dua tuduhan penyerangan seksual dan delapan tuduhan penyerangan, Toronto Star melaporkan. Para korbannya tidak diidentifikasikan.
 
Dia juga menghadapi satu kasus yang menyebabkan seseorang "mengambil barang berbahaya, yaitu Trazodone," menurut laporan tersebut. Trazodone obat resep yang biasa digunakan mengobati depresi.
 
Boyle, istrinya Caitlan Coleman Boyle dan tiga anak mereka yang masih hidup, disandera selama lima tahun di Afghanistan dan Pakistan. Caitlan penduduk asli Pennsylvania yang tumbuh di sekitar Stewartstown dia dan keluarganya sekarang tinggal di Smiths Falls, Ontario, sekitar 64 km barat daya Ottawa dan 321 km barat laut Toronto.
 
Pelanggaran tersebut terjadi antara 14 Oktober dan 30 Desember di Ottawa, menurut laporan. Keluarganya kembali ke Kanada sesudah mereka diselamatkan pada 11 Oktober.
 
Caitlan Boyle mengatakan kepada Star bahwa dia tidak dapat membicarakan dakwaan tersebut.
 
"Tapi saya dapat mengatakan bahwa pada akhirnya inilah ketegangan dan trauma yang harus dipikulnya selama bertahun-tahun dan dampaknya terhadap keadaan mentalnya yang paling bersalah untuk ini," katanya seperti dikutip USA Today, Rabu 3 Januari 2018.
 
Dia juga katakan, berharap bisa menemukan bantuan dan penyembuhan. "Seperti pada kami semua, saya dan anak-anak, kami sehat dan bertahan sebaik yang kami bisa," kata Caitlan Boyle. Dia melahirkan empat anak saat di penyekapan.
 
Pengacara Joshua Boyle, Eric Granger, memberikan sebuah pernyataan kepada Canadian Broadcasting Corp. setelah kliennya muncul di pengadilan Ottowa pada Hari Tahun Baru.
 
"Boyle dianggap tidak bersalah, dia tidak pernah bermasalah sebelumnya, belum ada bukti yang pasti, yang menentukan pada tahap awal ini," kata Granger kepada CBC News. "Kami berharap bisa menerima bukti dan membela dia dari tuduhan ini," sambungnya.
 
Joshua Boyle diperkirakan akan hadir lagi di pengadilan, Rabu 4 Januari 2018.
 
Boyles menikah pada 2011 di Kosta Rika setelah bertemu di Internet di mana mereka sama-sama terpesona pada Star Wars. Dia sudah menikah sebelumnya dengan Zaynab Khadr, wanita perempuan Kanada yang ditangkap di Afghanistan, yang ditahan di Teluk Guantanamo dari 2002 sampai 2012.
 
Di musim panas 2012 sekitar setahun setelah Joshua dan Caitlan Boyle menikah, mereka memutuskan untuk melakukan perjalanan menyandang ransel di Rusia, Kazakhstan, Tajikistan, dan Kirgizstan. Mereka tiba di daerah terpencil Afghanistan di luar Kabul, di mana militan yang terkait dengan Taliban menangkap mereka.
 
Joshua Boyle berbicara dengan beberapa media pada hari-hari setelah keluarganya kembali pada 13 Oktober ke Kanada usai bertahun-tahun dalam penyanderaan, saat itu mereka memiliki tiga anak.
 
Jaringan Haqqani, sebuah gerilyawan Afghanistan terkoneksi Taliban, memperkosa istrinya, katanya.



(FJR)