Trump Tegaskan Tidak Ada Kolusi dengan Rusia

Willy Haryono    •    Sabtu, 17 Feb 2018 13:00 WIB
pemilu asdonald trumppemerintahan as
Trump Tegaskan Tidak Ada Kolusi dengan Rusia
Presiden AS Donald Trump di halaman Gedung Putih, Washington, 16 Februari 2018. (Foto: AFP/SAUL LOEB)

Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan, dakwaan Kementerian Hukum AS terhadap 13 warga Rusia terkait dugaan intervensi Moskow dalam pemilihan umum 2016 menjadi bukti bahwa dirinya dan tim kampanye tidak berkolusi dengan Negeri Beruang Merah. 

Dalam dakwaan itu disebutkan sejumlah warga Rusia -- tidak ada warga Amerika -- menjalankan operasi rahasia sejak 2014 untuk memengaruhi dunia perpolitikan AS, termasuk dalam momen pemilihan umum 2016. 

"Rusia memulai kampanye anti-AS ini sejak 2014, jauh sebelum saya mengumumkan akan maju dalam pilpres," tulis Trump di Twitter, seperti dikutip AFP

"Hasil dari pilpres tidak terganggu. Tim kampanye Trump tidak melakukan kesalahan apapun - tidak ada kolusi!" lanjutnya. 

Jaksa Khusus AS Robert Mueller mendakwa 13 warga Rusia serta tiga perusahaan atas berjalannya operasi rahasia untuk memengaruhi pilpres di Negeri Paman Sam.

Baca: AS Dakwa 13 Warga Rusia atas Intervensi Pilpres 2016

Mueller menyebut bahwa pada pertengahan 2016, operasi tersebut -- di bawah arahan Yevgeny Prigozhin yang merupakan teman dekat Presiden Rusia Vladimir Putin -- difokuskan pada dukungan terhadap Trump dan menjatuhkan rival-rivalnya, termasuk Hillary Clinton. 

Menurut dakwaan itu, sejumlah warga Rusia dalam operasi ini menyamar sebagai masyarakat AS di Facebook, Twitter, YouTube dan Instagram. Mereka kemudian mengunggah banyak konten yang memengaruhi "warga AS dalam jumlah signifikan."

Sementara itu dalam pernyataan terpisah di Gedung Putih, Trump meminta semua warga "untuk bersatu demi melindungi integritas demokrasi kita."

"Kita tidak dapat membiarkan mereka yang ingin membuat kekacauan dan perpecahan di negeri ini," sambung dia. 

Rusia menyebut semua tuduhan, termasuk dakwaan, sebagai sesuatu yang "absurd."




(WIL)