Wali Kota Oakland Ingatkan Warga Mengenai Penyisiran Imigran

Arpan Rahman    •    Senin, 26 Feb 2018 20:04 WIB
imigran gelap
Wali Kota Oakland Ingatkan Warga Mengenai Penyisiran Imigran
Wali Kota Oakland Libby Schaaf dalam sebuah acara di Oakland, 19 Januari 2018. (Foto: AFP/Getty/JUSTIN SULLIVAN)

Oakland: Wali Kota Oakland mengingatkan warganya mengenai rencana penyisiran imigran oleh Dinas Keimigrasian dan Bea Cukai Amerika Serikat (ICE).

Libby Schaaf mengatakan dirinya mendapat informasi dari "sumber terpercaya" tentang penyisiran imigran dalam beberapa hari ke depan.

"Sebagai Wali Kota Oakland, saya berbagi informasi ini agar tidak terjadi kepanikan. Kami ingin melindungi semua warga," kata Schaaf. 

"Prioritas saya adalah keamanan dan keselamatan semua warga, terutama yang paling rentan. Oakland akan menjadi lebih aman saat kita semua saling berbagi informasi dan peduli sesama," lanjut dia, seperti dikutip UPI, Senin 26 Februari 2018.   

Schaaf mengaku tidak mengetahui rincian penyisiran ICE ini. ICE menanggapi peringatan Schaaf dengan sebuah pernyataan singkat.

"Operasi ICE terjadi setiap hari, dan kami tidak mengetahui pasti apa yang sebenarnya disampaikan wali kota," kata agensi tersebut kepada KGO-TV.

Menurut media San Francisco Gate, awal bulan ini agen ICE menggerebek 77 tempat kerja di California utara, walau tidak melakukan penangkapan.

California telah menjadi medan pertempuran melawan janji pemerintahan Presiden AS Trump yang ingin mengusir semua imigran ilegal.

Oktober lalu, Gubernur Jerry Brown menandatangani undang-undang yang menjadikan California sebagai "tempat perlindungan."

UU ini melarang penegak hukum setempat menanyakan status keimigrasian kepada seseorang, atau menyerahkan tersangka kepada petugas imigrasi tanpa surat perintah penangkapan.


(WIL)