Setelah Irma, Dua Badai Baru Muncul di Atlantik dan Teluk Meksiko

Willy Haryono    •    Kamis, 07 Sep 2017 07:51 WIB
topan badai
Setelah Irma, Dua Badai Baru Muncul di Atlantik dan Teluk Meksiko
Badai Jose terbentuk di lokasi yang sama dengan Irma. (Foto: AFP/NASA)

Metrotvnews.com, Karibia: Saat Badai Irma memporak-porandakan sejumlah pulau di Karibia, dua angin ribut lainnya muncul di lokasi terpisah pada Rabu 6 September 2017. 

Menurut keterangan Pusat Badai Nasional (NHC), Badai Jose di Atlantik bergerak ke arah barat dengan kecepatan 27 kilometer per jam, dengan putaran angin 120 km per jam. Jose terletak sekitar 1834 km dari Kepulauan Lesser Antilles di timur Karibia.

Sementara di Teluk Meksiko, Badai Katia berlokasi sekitar 281 km dari Veracruz dan bergerak ke arah tenggara dengan kecepatan 8 km per jam. 

Baik Jose maupun Katia adalah kategori badai tropis, yang kemudian menguat menjadi badai berkekuatan penuh pada Rabu malam. Namun keduanya masih belum sebanding dengan Irma, yang masuk dalam kategori 5. 

Meski Jose terbentuk di area yang sama dengan Irma di Atlantik, namun badai tersebut tidak akan mengikuti jejak kehancuran yang sama. Irma tercatat sebagai badai terkuat di Atlantik yang diprediksi melewati Puerto Rico, Republik Dominika dan Haiti, sebelum nantinya ke Florida, Amerika Serikat. 

Jose diprediksi bergerak menuju Bermuda sepanjang pekan ini untuk kemudian melemah. 

"Badai tersebut tidak terlalu mengancam daratan AS seperti Irma," ujar meteorolog Ari Sarsalari dari Weather Channel, seperti dikutip NBC News. "Namun Kepulauan Leeward mungkin akan sedikit mengalami kerusakan akibat Jose," lanjut dia.

Sementara untuk Katia, pakar dari NHC memprediksi tidak akan ada "terlalu banyak pergerakan pada Kamis atau hari-hari berikutnya."

Presiden Donald Trump telah mengeluarkan peringatan status darurat untuk tiga wilayah AS menjelang kedatangan Irma. Masyarakat AS, terutama di Florida, beramai-ramai membeli makanan dan pasokan lainnya untuk mempersiapkan diri diterjang Irma.

 


(WIL)