Bahas Denuklirisasi, Trump dan Kim Jong-un Bertemu Mei Mendatang

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 09 Mar 2018 09:19 WIB
kim jong-undonald trumprudal korut
Bahas Denuklirisasi, Trump dan Kim Jong-un Bertemu Mei Mendatang
Trump dan Kim Jong-un akan bertemu Mei mendatang. (Foto: AFP).

Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan kesiapannya untuk bertemu pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, membahas kesepakatan untuk menghapus senjata nuklir di Semenanjung Korea. Pertemuan ini akan dilaksanakan Mei mendatang.

Pernyataan kesiapan Trump disampaikan pejabat senior Korea Selatan (Korsel) usai melakukan pembicaraan di Gedung Putih.

"Saya mengatakan kepada Presiden Trump bahwa pada pertemuan kami dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, dia mengatakan berkomitmen untuk melakukan denuklirisasi," ucap Penasihat Keamanan Nasional Korsel Chung Eui-yong, dilaporkan Channel News Asia, Jumat 9 Maret 2018.

"Kim berjanj bahwa Korea Utara akan menahan diri dari tes nuklir atau rudal lagi," imbuhnya kepada awak media di Gedung Putih, AS.

Chung menuturkan, Trump menghargai niat baik tersebut dan mengatakan siap bertemu dengan Kim.

"Dia mengatakan akan bertemu dengan Kim Jong-un pada Mei untuk mencapai denuklirisasi permanen," imbuhnya.

Delegasi Korsel tersebut menambahkan, Seoul, Washington dan banyak negara lainnya di seluruh dunia tetap berkomitmen untuk melakukan denuklirisasi penuh di Semenanjung Korea. Terlebih, imbuh Chung, Trump optimis untuk melanjutkan proses diplomasi untuk menguji kemungkinan resolusi damai.

Dia menambahkan tidak akan mengulangi kesalahan di masa lalu dan akan membantu Korut, semuanya demi tercapainya perdamaian dunia.

Gedung Putih telah mengonfirmasi bahwa Trump sepakat bertemu Jong-un untuk mencari kesepakatan mengenai denuklirisasi. Meski demikian, mereka menekankan sanksi AS masih akan tetap berlaku.


(FJR)