Paus Fransiskus Nikahkan Awak Kabin di Pesawat

Fajar Nugraha    •    Jumat, 19 Jan 2018 12:06 WIB
paus fransiskus
Paus Fransiskus Nikahkan Awak Kabin di Pesawat
Paus Fransiskus menikahkan awak kabin di pesawat yang ditumpanginya. (Foto: AFP).

Santiago: Paus Fransiskus menikahkan awak kabin di pesawat yang ditumpanginya. Pernikahan ini pun dilakukan di atas penerbangan di wilayah udara Chile.
 
Seperti diketahui, Paus Fransiskus dalam kunjungan ke Amerika Selatan, termasuk ke Chile dan Peru. Ketika dalam penerbangan antara dua kota di Chile, pasangan awak kabin menyempatkan diri berbicara dengan Paus.
 
Paula Podezt Ruiz berusia 39 tahun dan Carlos Ciuffardi Elorriga berusia 41 tahun, pada dasarnya sudah menikah di kantor catatan sipil delapan tahun lalu. Mereka mengatakan, seharusnya akan melakukan prosesi gereja namun dibatalkan karena gereja mereka di Santiago rusak berat akibat gempa pada 2010.
 
Kedua pasangan meminta Paus untuk merestui pernikahan mereka, namun Paus yang terkenal unik ini mempunyai pemikiran berbeda.
 
"Kami mengatakan bahwa kami pasangan suami dan istri. Kami memiliki dua putri serta tentunya akan merasa senang mendapatkan restu dari Paus. Kemudian dia bertanya apakah kami menikah di gereja," ujar Ciuffardi, kepada jurnalis, dalam perjalanan dari Iquique ke Santiago pada Kamis 18 Januari, seperti dikutip AFP, Jumat 19 Januari 2018.
 
Pasangan itu kemudian menjelaskan kepada Paus Fransiskus mengenai gereja mereka yang hancur karena gempa 2010 di Chile. Keduanya pun berharap menikah di gereja.
 
"Paus menyukai kami dan bertanya: 'Apa kalian ingin saya nikahkan?'"
 
"Anda yakin," tanya Podest kepada Paus.
 
"Sudah pasti kami ingin (dinikahkan Paus)," ujar kedua pasangan itu.
 
Kemudian Paus melakukan upacara singkat di pesawat. Presiden Direktur Latam Airlines Ignacio Cueto yang juga berada di pesawat, menjadi saksi bagi mereka bedua.
 
Paus yang berasal dari Argentina itu, kemudian menandatangani sebuah sertifikat pernikahan tulisan tangan. Dalam surat itu terdapat pula tanda tangan Cueto dan seorang uskup serta tentunya kedua pasangan yang dinikahkan.
 
Podest menyebutkan dinikahkan oleh Paus di atas pesawat merupakan pengalaman yang sangat berharga. Ketika pasangan itu keluar dari bagian depan pesawat, beberapa jurnalis menyangka hal ini adalah lelucon.
 
Tetapi Juru Bicara Vatikan Greg Burke memberikan konfirmasi atas pernikahan ini. "Semuanya valid. Semuanya sudah resmi," tegas Burke.



(FJR)