AS Desak Korut Memulai Negosiasi Serius Terkait Nuklir

Willy Haryono    •    Senin, 19 Sep 2016 12:04 WIB
nuklir korea utara
AS Desak Korut Memulai Negosiasi Serius Terkait Nuklir
Menlu AS John Kerry dalam pertemuan dengan Menlu Korsel dan Jepang (tidak ada dalam foto) di New York, AS, 18 September 2016. (Foto: AFP/KEVIN HAGEN)

Metrotvnews.com, New York: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry mendesak Korea Utara membekukan program senjata nuklirnya sebagai awal dari negosiasi serius dengan Negeri Paman Sam dan komunitas dunia mengenai masa depan negara mereka. 

Berbicara dalam sebuah pertemuan dengan Menlu Jepang dan Korea Selatan, Kerry mengatakan AS masih "tetap berkomitmen teguh" terhadap kerja sama pertahanan dan "mengecam perilaku gegabah dan provokatif" dari Korut. 

Kerry menyebut AS siap bertatap muka dengan Pyongyang untuk mendiskusikan perdamaian di Semenanjung Korea. AS juga akan mengakhiri isolasi Korut serta mendorong perkembangan ekonominya jika program nuklir mereka dihentikan. 

"Yang perlu segera dilakukan adalah membekukan (program nuklir) dan tidak lagi melakukan aksi provokatif, tidak lagi melakukan uji coba, dan mencoba memulai negosiasi serius mengenai masa depan negara mereka," ujar Kerry, seperti dikutip AFP, Minggu (18/9/2016). 

Korut telah melakukan uji coba nuklir kelimanya bulan ini, yang diikuti dengan serangkaian peluncuran misil. Aksi tersebut merupakan pelanggaran terhadap resolusi PBB yang melarang Korut mengembangkan program nuklir dan teknologi misil. 

Tiongkok, sekutu Korut, belakangan terus mendorong diadakannya pertemuan enam kubu terkait program nuklir Pyongyang. Jika terlaksana, pembicaraan ini akan melibatkan AS, Jepang, Rusia dan Korsel.


(WIL)