Joe Biden Segera Putuskan Sikap untuk Pilpres 2020

Willy Haryono    •    Selasa, 29 Jan 2019 11:04 WIB
amerika serikat
Joe Biden Segera Putuskan Sikap untuk Pilpres 2020
Mantan Wapres AS Joe Biden dalam acara di Washington, 21 Januari 2019. (Foto: AFP/Gett/Al Drago)

Florida: Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan dirinya sudah semakin "dekat" menuju keputusan maju atau tidak dalam pemilihan umum 2020 mendatang.

Dalam sebuah acara di Fort Lauderdale, Florida, Senin 28 Januari 2019 malam, Biden berkata bahwa dirinya "tidak ingin nantinya semua (urusan pencalonan dalam pilpres) ini sia-sia." 

"Saya sudah semakin mendekat ke arah sana, dan keputusannya akan diambil dalam waktu dekat," lanjut dia, seperti dinukil dari laman CNN.

Komentar terbaru tersebut merupakan kelanjutan dari spekulasi banyak warga mengenai kemungkinan Biden maju sebagai calon presiden dari Partai Demokrat. Selama ini, Biden disebut-sebut sebagai tokoh Demokrat yang berpeluang besar menghalangi Presiden Donald Trump untuk kembali berkuasa.

"Menurut pandangan saya, saat ini kita semua sedang memperjuangkan nilai-nilai inti dari Amerika. Saya akan memutuskan apakah saya adalah orang yang tepat untuk negara ini, karena hal tersebut adalah sesuatu yang penting," ungkap Biden.

Sejumlah orang dekat Biden mengatakan kepada CNN bahwa tim politik mantan wapres itu sedang mempersiapkan rencana kampanye. Jika Biden memutuskan maju, maka tim akan langsung menjalankan rencana tersebut.

Baca: Joe Biden Klaim Paling Layak Jadi Presiden AS

Dalam beberapa pekan terakhir, tim Biden telah menyebarkan dokumen mengenai kemungkinan pencalonan di pilpres 2020. Dalam dokumen itu Biden digambarkan sebagai "pejuang progresif."

"Saat negara ini sedang dipimpin seorang presiden yang setiap harinya hanya memikirkan diri sendiri, warga Amerika menginginkan kepemimpinan berkualitas seperti yang diperlihatkan Joe Biden sepanjang kariernya," demikian tertulis di dokumen tersebut.

Saat ini, bahkan keluarga Biden pun masih bertanya-tanya apakah mantan pendamping Barack Obama itu akan maju dalam pilpres. Dalam acara di Fort Lauderdale, putri Biden, Ashley, naik ke atas panggung dan berkata, "ayah, apakah kita akan maju (dalam pilpres)?"



(WIL)