Tersangka Penembakan Pittsburgh Posting Pesan Antisemit

Arpan Rahman    •    Minggu, 28 Oct 2018 09:50 WIB
penembakan as
Tersangka Penembakan Pittsburgh <i>Posting</i> Pesan Antisemit
Penembakan di sinagoga di Pittsburgh, Amerika Serikat telah menewaskan 11 orang. (Foto: AFP)

Pittsburgh: Aparat kepolisian menyebut Robert Bowers, 46 tahun, sebagai pria di balik penembakan di sinagoga Tree of Life di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat.
Insiden tersebut menewaskan 11 orang dan enam orang terluka, termasuk empat petugas polisi. Serangan itu dianggap sebagai kejahatan rasial, dan sedang diselidiki oleh Biro Investigasi Federal (FBI).
 
Baca juga: Penembakan di Sinagog Pittsburgh, 8 Orang Tewas.
 
Bowers, yang juga terluka dalam penembakan itu, dilaporkan menyebut pada polisi bahwa "semua orang Yahudi ini harus mati." Dia memposting komentar anti-Semit tentang Gab, sebuah situs yang dengan keras membela kebebasan berbicara dan sering dikunjunginya.
 
Tepat sebelum penembakan itu, Bowers memposting komentar di akun yang diakui miliknya, merujuk ke Komunitas Dana Bantuan Imigran Yahudi (HAIS) dan berkata, "Saya tidak bisa duduk hanya mengawasi warga saya dibantai. Lihatlah baik-baik. Saya akan bergerak."
 
Akunnya telah dibekukan sementara, tetapi beberapa wartawan berhasil mengambil gambar-gambar dari akunnya, di mana dia menulis dan meresirkulasi komentar rasis tentang orang Yahudi dan Muslim, serta teori konspirasi. Menurut USA Today, dia juga sebelumnya menulis bahwa dia tidak memilih Donald Trump.
 
Baca juga: Trump akan Kunjungi Lokasi Penembakan Sinagoge Pittsburgh.
 
Setelah penembakan, Gab menerbitkan sebuah pernyataan yang berbunyi: "dengan tegas mengingkari dan mengutuk semua tindakan terorisme dan kekerasan," seperti disitir dari Quartz, Minggu 28 Oktober 2018.
 
Instalasi prosesor pembayaran Paypal juga menghentikan hubungannya dengan Gab. Sementara Google telah melarang aplikasi Gab dari toko Android di 2017.


(FJR)