Penghapusan Obamacare Mendapat Tentangan

Nur Azizah    •    Rabu, 08 Mar 2017 06:00 WIB
donald trump
Penghapusan Obamacare Mendapat Tentangan
Barack Obama bertekad pertahankan Obamacare (Foto: NME).

Metrotvnews.com, Amerika: Upaya Partai Republik untuk mengganti program kesehatan Affordable Care Act atau yang lebih dikenal dengan sebutan Obamacae mendapat tentangan dari partai mereka sendiri.

Melansir dari BBC, komite berencana memulai voting pengganti Obamacare pada Rabu, 8 Maret 2017. Hasil dari kongres partai Republik mengatakan rencana ini sudah berjalan jauh.

Kritikus konservatif telah diberhentikan dari Obamacare 2.0 atau Obamacare Life. Obamacare dihadirkan Obama untuk memastikan agar jutaan warga AS mendapat layanan kesehatan yang layak dan terjangkau.

Program ini diutamakan bagi mereka yang tidak dilindungi asuransi umum atau asuransi ketenagakerjaan. Sejauh ini, Obamacare telah memberikan asuransi kesehatan bagi 20 juta warga AS.

Kebijakan Obamacare dinilai berhasil menurunkan angka warga Negeri Paman Sam yang tidak memiliki asuransi dari 16 persen menjadi 8,9 persen pada 2010.

Obama mengklaim Obamacare sebagai prestasi terbesar sepanjang 8 tahun pemerintahannya. Namun bagi Partai Republik, Obamacare merupakan beban ekonomi.

Mereka beranggapan pemerintah terlalu banyak menghabiskan anggaran. Menyingkirkan Obamacare menjadi prioritas utama Partai Republik yang kini berkuasa baik di Senat maupun di DPR. Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump sempat meminta Obamacare diganti.

Berikut lima poin utama yang diungkapkan Trump untuk program pengganti Obamacare: 

1. Memastikan orang dengan pre-exixting condition (sudah mengidap penyakit tertentu sebelum ikut asuransi) mendapatkan jaminan "akses" asuransi kesehatan, dan proses transisi stabil bagi orang-orang yang sudah memiliki jaminan kesehatan. 

2. Memberikan kredit kepada orang-orang yang sudah membeli asuransi kesehatannya secara mandiri dan memperluas tabungan kesehatannya untuk membantu membayar biaya perlindungannya, dan juga fleksibilitas mengenai rancangan rencana asuransi mereka.

3. Memberikan negara "sumber daya dan fleksibilitas" dalam program Medicaid "untuk memastikan tidak ada orang yang terlewat." Medicaid diprioritaskan untuk orang-orang tak mampu.

4. Reformasi sistem hukum untuk melindungi dokter dan pasien "dari biaya-biaya tak perlu" yang menaikkan biaya asuransi, dan juga menurunkan harga obat-obatan mahal.

5. Menciptakan pasar asuransi nasional yang dapat membuat perusahaan asuransi menjual produk mereka ke seantero negara bagian.



(LDS)

Pelaku Serangan London Tak di Bawah Kendali ISIS

Pelaku Serangan London Tak di Bawah Kendali ISIS

9 hours Ago

Tidak ada bukti bahwa pelaku serangan, Khalid Masood tergabung dalam kelompok radikal mana pun…

BERITA LAINNYA