Alasan Keamanan, Air Force One Tak Digunakan Donald Trump

Fajar Nugraha    •    Kamis, 17 Nov 2016 15:01 WIB
amerika serikat
Alasan Keamanan, Air Force One Tak Digunakan Donald Trump
Presiden Barack Obama keluar dari Air Force One (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, New York: Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan memulai pemerintahannya tanpa dilengkapi pesawat kepresidenan, Air Force One.
 
Keamanan menjadi alasan mengapa Trump tidak bisa menggunakan pesawat itu. Saat ini pihak Gedung Putih masih terus mencari pengganti dari pesawat yang dianggap sebagai 'Gedung Putih di udara' itu.
 
Pesawat jenis Boeing 747-200 tersebut sudah beroperasi melayani Presiden AS sejak 1990, sudah mullai memasuki masa akhir tugasnya. Tetapi hingga saat ini Gedung Putih belum mendapatkan penggantinya.
 
Meskipun pesawat berbadan besar itu bisa digunakan meskipun sudah tua,-umumnya setelah 30 tahun- Angkatan Udara AS tidak ingin mengambil risiko jika terkait keselamatan presiden.
 
"Kami yang berada di Angkatan Udara AS, masih berharap dan menanti kepastian," ujar eksekutif di Program Mobilitas Angkatan Udara AS, Kevin Buckley, seperti dikutip Express, Kamis (17/11/2016).


Pesawat Air Force One sudah mulai menua (Foto: AFP).
 
 
Dua pesawat dari jenis yang sama selama ini bertugas untuk melayani Presiden AS. Pesawat ini memiliki berbagai fitur, mulai sebagai pos komando, teknologi komunikasi yang canggih dan dilengkapi dengan peralatan pertahanan seperti rudal anti pesawat. 
 
Harga pesawat ini pun sangat luar biasa. Setiap pesawatnya dihargai mencapai USD325 juta. 
 
Tetapi menurut pejabat Angkatan Udara AS, pihaknya sudah mengalokasikan dana sebesar USD1,6 miliar untuk pesawat Air Force One yang baru. 
 
"Ini bukan masalah membangun pesawat untuk presiden saja. Pesawat harus dimodifikasi agar mampu berfungsi bahkan bisa terhadi perang nuklir," tutur Buckley.
 
Sementara menurut pengamat penerbangan senior Richard Aboulfia mengatakan, meskipun saat ini sudah ada program pergantian pesawat, untuk pesawat yang sudah ada akan tetap mengudara hingga usianya 35 tahun. Ini adalah usia umum bagi sebuah pesawat.

(FJR)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

1 day Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA