Hillary Clinton: Jangan Kehilangan Hati!

Arpan Rahman    •    Kamis, 17 Nov 2016 11:52 WIB
hillary clinton
Hillary Clinton: Jangan Kehilangan Hati!
Hillary Clinton minta warga AS tidak kehilangan hati (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Washington: Hillary Clinton kembali tampil di depan publik, Rabu 16 November malam, setelah kekalahannya di pilpres Amerika Serikat (AS). Ia hadir di acara yang digelar untuk menghormatinya di Washington oleh badan amal Children’s Defense Fund (CDF).
 
Mantan Menteri Luar Negeri, yang mengawali karirnya sebagai staf pengacara untuk CDF, menyapa hadirin dan langsung bicara tentang kekalahannya.
 
 
"Datang ke sini sungguh tidak mudah bagi saya," akunya seperti dilansir People, Rabu (16/11/2016). "Sudah beberapa kali dalam sepekan terakhir ini semua yang ingin saya lakukan adalah santai membaca buku bagus, atau mengurus anjing dan tidak pernah keluar rumah lagi," lanjutnya.
 
"Saya tahu banyak dari Anda yang sangat kecewa dengan hasil pemilu. Saya juga, lebih dari yang saya bisa ungkapkan," katanya, sambil tertawa kecil. "Karena saya tidak bisa melayani publik dengan sebuah jabatan tinggi," ungkap Clinton.
 
Sebaliknya, dia mengingatkan hadirin, dirinya memutuskan jadi seorang aktivis dan menggunakan gelar sarjana hukumnya demi membantu anak-anak.


Hillary Clinton dalam acara amal di Washington (Foto: AFP).
 
 
Clinton lalu kembali bicara soal kekalahan pilpres, mendesak orang untuk tidak "kehilangan hati" dan "tetap terlibat di setiap tingkatan."
 
"Kita perlu Anda. Amerika membutuhkan Anda. Itulah cara kita untuk bisa melewati ini," katanya, menggemakan kalimat Presiden Barack Obama dan Senator Bernie Sanders.
 
"Saya tahu ini tidak mudah. Saya tahu bahwa sepekan terakhir, banyak orang telah bertanya pada diri sendiri apakah Amerika adalah negara yang mereka impikan," imbuh Clinton.
 
"Dengarkan saya ketika saya mengatakan ini: Amerika amat bernilai. Anak-anak kita amat berharga. Jangan pernah menyerah," tegas mantan Ibu Negara AS itu.
 
Sementara Clinton di Washington, suaminya, Bill Clinton, tampil di pertunjukan perdana film Lion di New York City, Rabu malam.
 
Pria berusia 70 tahun itu diundang produser Hollywood Harvey Weinstein, yang memperkenalkan dirinya sebelum pemutaran film di mana ia menerima tepuk tangan meriah sambil berdiri.
 
Acara malam itu diliputi emosi yang memuncak, tatkala Clinton mengenang bagaimana ibunya, Dorothy, dulu ditinggalkan orangtuanya di atas kereta menuju California.
 
"Saya berharap saya bisa berjalan menyusuri lorong, di mana dia duduk sendirian dan ketakutan," kata Clinton.
 
"Saya bermimpi datang ke dekatnya, duduk di sampingnya, dan memeluknya sambil berkata 'Lihat aku, Anda akan bertahan. Anda punya keluarga yang memilikimu,'" ucapnya, dengan mata berkaca-kaca. 
 
"'Sulit dibayangkan, putri Anda akan tumbuh menjadi seorang senator, mewakili negara kita sebagai menteri luar negeri dan memenangkan suara lebih dari 62 juta orang untuk jadi presiden Amerika Serikat,'" kata Hillary seolah bicara langsung di atas kereta dengan Dorothy, ibunya.
 
"Saya mungkin lebih tua sekarang, saya telah melihat berbagai situasi pasang-surut, tapi saya masih yakin kita dapat membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin," lanjutnya, kemudian berseru: "Amerika masih merupakan negara terbesar di dunia."

(FJR)