Empat Prioritas Indonesia di DK PBB

Sonya Michaella    •    Jumat, 08 Jun 2018 23:02 WIB
indonesia-pbb
Empat Prioritas Indonesia di DK PBB
Menlu Retno Marsudi mengungkapkan kegembiraan via teleconference, Jumat 8 Juni 2018, usai Indonesia menjadi anggota tidak tetap DK PBB periode 2019-2020

Jakarta: Melalui video conference, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengungkapkan kegembiraannya bahwa Indonesia keluar sebagai pemenang Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) untuk periode 2019-2020.

"Ini buah kerja keras kami, seluruh diplomat yang ada di Jakarta dan juga seluruh perwakilan Indonesia di luar negeri tentu dengan dukungan masyarakat," kata Menlu Retno lewat video conference dari New York dengan para awak media di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Jumat 8 Juni 2018.

Ada empat prioritas yang disebutkan Menlu Retno untuk Indonesia berdiri di DK PBB menggantikan Kazakhstan yang habis masa keanggotaan tidak tetapnya pada 31 Desember 2018 nanti.

"Pertama, tentu Indonesia akan memperkuat ekosistem perdamaian dan stabilitas global dengan mendorong habit of dialogue dan penyelesaian konflik secara damai," tegas Menlu Retno.

Baca: Indonesia jadi Anggota Tidak Tetap DK PBB 2019-2020

Selanjutnya, Indonesia akan terus meningkatkan kapasitas pasukan perdamaian, dengan menambah personel perempuan.

"Kedua, Indonesia akan mensinergikan organisasi kawasan dengan DK PBB dalam menjaga perdamaian untuk menghadapi tantangan radikalisme dan terorisme dan Indonesia akan mendorong terbentuknya global comperehensive approach untuk menangkal terorime," ucapnya.

Ketiga, lanjutnya, Indonesia akan mendorong kemitraan global dan mensinergikan semua organisasi untuk pembangunan berkelanjutan dengan keamanan dan stabilitas.

"Yang utama, Palestina tetap menjadi prioritas Indonesia di DK PBB dan kami akan mengajak semua anggota DK PBB untuk menghadapi tantangan global," ungkapnya.

Indonesia berhasil mengalahkan Maladewa dengan memperoleh 144 suara sedangkan Maladewa hanya mendapat 46 suara.


(WIL)