Api Belum Padam, Status Darurat Diberlakukan di California

Sonya Michaella    •    Rabu, 11 Oct 2017 10:25 WIB
amerika serikatkebakaran hutan
Api Belum Padam, Status Darurat Diberlakukan di California
Api belum padam di California. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, California: Akibat kebakaran hutan yang terjadi kemarin di California, Amerika Serikat (AS), status darurat diberlakukan oleh Gubernur Jerry Brown di delapan kabupaten, termasuk Napa dan Yuba.

Saat ini, terhitung sudah 15 orang dinyatakan tewas. Tak hanya itu, 200 orang pun dilaporkan hilang, serta 25 ribu orang telah dievakuasi dan 5 ribu orang telah mencari perlindungan di tempat penampungan.

Kebakaran ini telah melalap habis lebih dari 115 Hektar hutan dan menghancurkan lebih dari dua ribu rumah.

Dikutip dari AFP, Rabu 11 Oktober 2017, Presiden AS Donald Trump telah mengumumkan pengiriman bantuan untuk membantu dampak setelah kebakaran ini.

Namun, Departemen Kehutanan California dan Proteksi Kebakaran mengatakan, 17 kebakaran besar masih berlanjut hingga hari ini.

"Angin masih berhembus kencang sehingga api sulit dipadamkan, terlebih kondisi yang teramat kering," kata badan tersebut.

Sebagian besar kerusakan terburuk terjadi di Santa Rosa, beberapa kabupaten Sonoma, dan dapat dilihat dari Route 101 AS, jalan raya utara-selatan yang membentang dari California sampai Oregon ke Washington.

Selain itu, perkebunan anggur juga dilaporkan mengalami kerusakan yaitu William Hill Estate Winery di Napa, Signorello Vineyards, Stags 'Leap and Chimney Rock.

Kebakaran hutan sering terjadi di Amerika Serikat bagian barat selama musim panas yang kering dan panas.

Bulan lalu, sebuah kebakaran besar yang disebut sebagai yang terbesar dalam sejarah kebakaran di Los Angeles, memaksa ratusan orang untuk dievakuasi. 

 


(FJR)