Menuju Florida, Badai Irma Melemah di Tingkat Empat

Arpan Rahman    •    Sabtu, 09 Sep 2017 18:39 WIB
topan badai
Menuju Florida, Badai Irma Melemah di Tingkat Empat
Langit hitam tampak di wilayah Florida yang terancam Badai Irma (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Florida: Pusat Badai Nasional Amerika Serikat (AS) melaporkan kekuatan Badai Irma sedikit melemah saat menuju Florida. Badai yang tadinya dikategorikan di tingkat lima, saat menghantam Karibia, melemah menjadi tingkat empat.
 
Di Miami kecepatan badai tersebut melaju sekitar 245 mil per jam, begitu hendak memasuki Florida kekuatan anginnya menjadi 155 mil per jam.
 
"Beberapa fluktuasi intensitas kemungkinan terjadi pada satu atau dua hari ke depan, namun Badai Irma tetap diperkirakan menguat mendekati Florida," kata Pusat Badai Nasional, seperti dikutip dari laman AFP, Sabtu 9 September 2017.
 
Irma diperkirakan akan menyerang Florida Keys pada Sabtu dan Minggu sebelum berpindah ke pedalaman. Banyak penduduk telah bergabung dalam eksodus massal di tengah peringatan yang semakin mengerikan.
 
Gubernur negara bagian Florida Rick Scott meminta 5,6 juta warganya mengungsi jelang hantaman Badai Irma di wilayah Amerika Serikat (AS) itu. Dia berulang kali mendesak warga Florida untuk tak meremehkan kekuatan badai Irma.
 
 
Menurut dia, badai Irma ini jauh lebih parah dibanding badai Andrew yang dianggap sebagai badai paling merusak yang menyerang negara bagian itu pada 1992 silam. 
 
"Anda harus pergi sekarang," kata Scott dalam konferensi pers pada Jumat malam waktu setempat, dilansir dari laman The New York Times, Sabtu 9 September 2017.
 
"Tidak malam ini, tidak dalam satu jam mendatang, tetapi sekarang!"
 
Di Kuba, pejabat pemerintah melaporkan kerusakan signifikan di beberapa bagian pusat pulau itu tanpa memberikan rincian lebih lanjut. Namun, mereka mengatakan jumlah korban masih belum dikonfirmasi.
 
Sementara itu, lebih dari satu juta orang di pulau terbesar di Karibia telah dievakuasi sebagai tindakan pencegahan.
 
 
Selain Badai Irma, badai kategori empat lainnya, Jose tengah berputar-putar di Atlantik dengan angin sepoi-sepoi yang maksimum kecepatannya 150 mil per jam. Badai Jose tengah menuju ke arah yang sama dari Kepulauan Karibia yang pernah dilewati Irma beberapa hari sebelumnya.

 

 
(FJR)