Bill Gates Kembali Sandang Orang Terkaya Sejagad, Trump Tergelicir Jauh

Whisnu Mardiansyah    •    Selasa, 21 Mar 2017 02:40 WIB
bill gates
Bill Gates Kembali Sandang Orang Terkaya Sejagad, Trump Tergelicir Jauh
Bill Gates (AP Photo/Nati Harnik)

Metrotvnews.com, New York: Pendiri Microsoft, Bill Gates kembali dinobatkan sebagai orang terkaya sejagad. Sementara Presiden AS Donald trump terjun bebas 220 peringkat seperti diberitakan Majalah Forbes pada Senin 20 Maret 2017.

Kekayaan Bill Gates diperkirakan mencapai USD86 miliar. Ini menjadi empat tahun berturut-turut Bill Gates menyandang manusia paling tajir sejagad. 

Diikuti diperingkat kedua pemilik Berkshire Hathaway Warren Buffet dengan perkiraan kekayaan mencapai USD75,6 miliar. Dalam daftar 10 peringkat teratas didominasi para miliader dari negeri Paman Sam dengan latar belakang pebisnis di sektor teknologi. 

Di antaranya pendiri Amazon Jeff Bezos di urutan tiga, pendiri Facebook Mark Zuckerberg di urutan lima dan pendiri Oracle di urutan ketujuh. 

Di luar itu, terselip nama Amancio Ortega pria asal Spanyol  pemilik brand fashion ternama Zara di posisi keempat. Bos telekomunikasi asal Meksiko Carlos Slim Helu di peringkat keenam, Koch Brothers Charles dan David di peringkat kedelapan dan kesembilan. Dan mantan Wali kota New York sekaligus pendiri Bloomberg News, Michael Bloomberg di peringkat sepuluh. 

Populasi miliarder dunia melonjak 13 persen dari tahun lalu menjadi 2.043. Kenaikan tahun ini terbesar dalam 31 tahun terakhir sejak Majalah Forbes mulai menyusun daftar orang-orang tajir sejagad. 

Amerika Serikat masih mendominasi mayoritas jumlah miliader dunia dengan 565 orang. Hal ini disebabkan karena meningkatnya pasar saham Amerika sejak November 2016 pasca Pilpres AS. Disusul China dengan 319 miliarder, dan Jerman di tempat ketiga dengan 114.

Sementara, Presiden Amerika Serikat Donald Trump di luar dugaan jumlah kekayaannya menyusut tajam. Trump tergelincir 220 peringkat pada daftar ke nomor 544 dengan kekayaan sekitar USD3,5 miliar. Forbes melansir penurunan Trump disebabkan kelesuan di Pasar Manhattan real estate.

"Empat puluh persen dari kekayaan Donald Trump terikat dalam Trump Tower dan delapan bangunan dalam satu mil dari itu," kata Forbes, Selasa 21 Maret 2017. 

Untuk masuk dalam daftar orang terkaya sejagad tahun ini, setidaknya dibutuhkan minimal kekayaan sebesar USD3,7 juta. Baru 501 orang yang memiliki kekayaan dengan batas minimal di atas. Salah satunya sutradara kondang Hollywood Steven Spielberg.


(REN)

Polisi Inggris Rilis Foto Penyerang Westminster

Polisi Inggris Rilis Foto Penyerang Westminster

20 hours Ago

Khalid Masood, warga Inggris 52 tahun dengan riwayat pelanggaran kekerasan tapi diyakini bukan…

BERITA LAINNYA