Kemenlu AS Keluarkan Peringatan Perjalanan Warganya ke Tiongkok

Fajar Nugraha    •    Jumat, 04 Jan 2019 12:06 WIB
as-tiongkok
Kemenlu AS Keluarkan Peringatan Perjalanan Warganya ke Tiongkok
Tiongkok masih menjadi negara tujuan wisata dari warga Amerika Serikat. (Foto: AFP).

Washington: Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) memperbarui peringatan perjalanannya ke Tiongkok. Warga AS diminta meningkatkan kewaspadaan di Negeri Tirai Bambu.

“Peringatan ini dipicu penegakan hukum lokal yang sewenang-wenang serta berbagai ketentuan khusus pada warga yang memiliki dwi kewarganegaraan AS-Tiongkok,” pernyataan Pemerintah AS, yang dikutip dari VOA Indonesia, Jumat, 4 Januari 2019.

Menurut pihak AS, otoritas Tiongkok telah memberlakukan wewenang secara meluas yang melarang warga negara AS meninggalkan Tiongkok dengan menerapkan larangan untuk keluar.

Hal ini terkadang membuat warga AS di Tiongkok tidak bisa keluar dari negara itu selama bertahun-tahun. Peringatan tersebut mengatakan Tiongkok menggunakan larangan keluar ‘secara paksa’ guna mendesak warga AS untuk berpartisipasi dalam berbagai penyelidikan Pemerintah Tiongkok, untuk menarik orang kembali ke Tiongkok dari luar negeri, dan untuk membantu pihak berwenang dalam menyelesaikan sengketa sipil yang menguntungkan pihaknya.

Peringatan Tingkat Dua tersebut menyebutkan bahwa dalam kebanyakan kasus, warga AS baru mengetahui larangan untuk keluar ketika mereka akan meninggalkan Tiongkok.


(FJR)