Delapan Pengunjung Disneyland Terjangkit Penyakit Legiuner

Arpan Rahman    •    Senin, 13 Nov 2017 08:23 WIB
penyakit
Delapan Pengunjung Disneyland Terjangkit Penyakit Legiuner
Ilustrasi: Metrotvnews.com

Anaheim: Sebanyak delapan pengunjung dan satu pekerja di Disneyland sudah terjangkit penyakit Legiuner, mendorong taman hiburan Anaheim untuk memasang sepasang menara pendingin.

Selain sembilan kasus tersebut, tiga orang lainnya yang tinggal atau berkunjung ke Anaheim menderita penyakit ini pula, menurut Orange County Health Care Agency, seperti dilansir Los Angeles Times.

Ke-12 korban berusia antara 52 sampai 94 tahun. Sepuluh orang dirawat di rumah sakit dan satu orang "dengan masalah kesehatan tambahan" meninggal, meski tidak mengunjungi taman tersebut, Petugas Informasi Publik OCHCA Jessica Good mengatakan dalam sebuah laporan KNBC-TV.

Di Orange County, 55 kasus penyakit ini telah dilaporkan tahun ini.

Sekitar tiga pekan yang lalu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) memberi tahu otoritas daerah setempat mengenai beberapa kasus penyakit di antara orang-orang yang telah melakukan perjalanan ke Orange County, pada September. Menjelang akhir Oktober, Disneyland mengetahui kasus-kasus tersebut.

Pada 3 November, Disney menginformasikan kepada petugas kesehatan bahwa pengujian rutin sudah mendeteksi peningkatan kadar bakteri Legionella di dua menara pendingin sebulan sebelumnya. Perusahaan mengatakan bahwa menara yang berada di tempat yang berjarak lebih dari 30 meter dari area yang dapat diakses para pengunjung, didesinfeksi dan beroperasi kembali, pada Minggu.

Pada Selasa, Disney mematikan menara lagi karena Dinas Kesehatan AS memerintahkan mereka untuk memverifikasi bahwa para pengunjung bebas dari kontaminasi Legionella.

Petugas Medis Walt Disney Parks and Resorts Pamela Hymel mengatakan bahwa Disney melakukan lebih banyak tes terhadap semua menara air mereka.

"Tidak ada risiko berkelanjutan yang diketahui terkait dengan wabah ini," kata agen perawatan kesehatan dalam sebuah pernyataan, seperti disitir UPI, Senin 13 November 2017.

OCHCA mengatakan, periode paparan penyakit Legiuner di Anaheim adalah 12-27 September.

Jenis pneumonia disebut penyakit Legiuner setelah wabah pneumonia menyebabkan 34 kematian pada Konvensi Legiun Amerika (ALC) di Philadelphia pada 1976. Penyakit Legiuner disebabkan oleh bakteri yang tumbuh di air yang dapat menyebar saat tetesan kecil masuk ke udara dan orang-orang menghirupnya, menurut CDC. Hal ini tidak menular dari orang ke orang.

Orang umumnya mengidap penyakit ini dua hari setelah terpapar dan biasanya bisa diobati dengan antibiotik, meski CDC mengatakan satu dari 10 orang meninggal karena infeksi.

Gejalanya meliputi batuk, sesak napas, demam, nyeri otot, dan sakit kepala.



(FJR)