Walikota New York Sebut Trump Akan Lindungi Imigran

Eko Nordiansyah    •    Kamis, 17 Nov 2016 04:39 WIB
donald trump
Walikota New York Sebut Trump Akan Lindungi Imigran
Presiden terpilih AS Donald Trump. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, New York: Walikota New York, Bill de Blasio mengatakan, Presiden terpilih Donald Trump akan bekerja untuk melindungi imigran gelap dari deportasi. Hal ini diungkapkan, usai dirinya bertemu Trump yang juga datang dari Partai Demokrat.

"Saya menegaskan kepadanya bahwa kota ini dan begitu banyak kota di seluruh negeri akan melakukan semua yang kami bisa untuk melindungi warga kami dan memastikan bahwa keluarga mereka tidak terpisahkan," ujar de Blasio  sebagaimana dikutip dari AFP, Kamis (17/11/2016).

Trump telah berjanji untuk mendeportasi atau memenjarakan sebanyak tiga juta imigran gelap dengan catatan kriminal. Hal ini akan dilakukannya setelah ia memimpin Amerika Serikat pada 20 Januari mendatang.

"New York City merukapan kota utama imigran. Tempat yang berhasil karena itu terbuka untuk semua orang, tempat yang dibangun dari generasi ke generasi imigran," katanya.

De Blasio menambahkan, New York City akan menghapus basis data ratusan ribu imigran gelap yang telah menerima kartu ID, sehingga mereka tidak dapat diidentifikasi atau dideportasi oleh proses administrasi masuk.

Walikota dan Trump dikenal memiliki hubungan yang tegang. De Blasio menekankan kepada Trump bahwa dirinya akan berpikiran terbuka karena keduanya terus berdiskusi substantif tetapi juga waspada.

Seperti de Blasio, walikota kota utama AS lainnya dengan tingginya jumlah imigran telah bersumpah untuk melindungi mereka dari deportasi, termasuk Los Angeles, San Francisco, Chicago, Boston, Philadelphia dan ibukota AS Washington.


(LDS)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

1 day Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA