Indonesia Sampaikan Duka Cita atas Berpulangnya Fidel Castro

   •    Minggu, 27 Nov 2016 09:28 WIB
fidel castro wafat
Indonesia Sampaikan Duka Cita atas Berpulangnya Fidel Castro
Bunga mawar berada di depan foto Fidel Castro di Kedubes Kuba di Kolombia, 26 November 2016 (Foto: AFP/GUILLERMO LEGARIA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia menyampaikan duka-cita kepada pemerintah dan rakyat Kuba atas berpulangnya Y.M Fidel Castro, mantan Presiden Kuba pada Sabtu 26 November.

Berdasarkan rilis Kementerian Luar Negeri, Minggu (27/11/2016), Indonesia mendoakan kiranya keluarga, pemerintah dan rakyat Kuba diberi kekuatan atas wafatnya Y.M. Fidel Castro. Semoga beliau diberikan kedamaian."

Sejumlah tokoh Indonesia turut menyampaikan duka cita. Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai Fidel Castro sebagai pejuang nasional Kuba. 

Menurut JK, Fidel yang meninggal di usia 90 tahun, memiliki catatan sejarah yang baik dengan Pemerintah Indonesia. Fidel adalah pejuang yang tangguh dan mempunyai semangat serta kemauan yang besar untuk Kuba.

Baca: 634 Kali Upaya Pembunuhan Dihadapi Fidel Castro

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan Fidel Castro adalah sosok yang mendapat tempat di hati orang-orang yang bergerak.

"Fidel Castro mempunyai hubungan emosional yang dekat dengan Indonesia. Bangsa kita dekat dengan bangsa Kuba karena Fidel Castro," ucap Surya Paloh.

Fidel Castro wafat di Havana, Kuba pada Jumat 25 November. Pengumuman ini dikeluarkan oleh adiknya, Presiden Raul Castro.
 
"Komandan dari Revolusi Kuba wafat pada pukul 22.29 malam Jumat 25 November atau Sabtu pagi waktu Indonesia," ujar Presiden Raul Castro, dalam pengumuman lewat televisi.

 


(WIL)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

1 day Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA