KBRI Washington Kenalkan Batik pada Anak-anak di AS

Sonya Michaella    •    Selasa, 12 Sep 2017 08:19 WIB
indonesia-as
KBRI Washington Kenalkan Batik pada Anak-anak di AS
Seorang anak asal AS sedang belajar membatik. (Foto: Dok. KBRI Washington DC)

Metrotvnews.com, Washington: KBRI Washington DC bekerja sama dengan salah satu organisasi masyarakat Indonesia yang ada di Amerika Serikat (AS), yakni Rumah Indonesia (RI) mengadakan workshop membatik untuk anak-anak di kawasan District of Columbia, Maryland dan Virginia.

Bertempat di Kid Museum, Maryland, acara ini digelar dalam rangkaian promosi dan peringatan Hari Batik Nasional.

"Pengukuhan batik oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia, kami tindaklanjuti melalui kerja sama dengan seluruh stakeholder untuk terus mengenalkan produk budaya ini, baik kepada masyarakat AS, maupun juga tentunya kepada generasi muda Indonesia yang menetap di AS," kata Duta Besar RI untuk AS, Budi Bowoleksono.



"Momentum peringatan Hari Batik Nasional kami manfaatkan sebaik-baiknya untuk memperkuat promosi batik di AS," lanjutnya, seperti keterangan tertulis dari KBRI Washington DC kepada Metrotvnews.com, Selasa 12 September 2017.

Workshop yang diikuti oleh sekitar 60 orang anak tersebut dibagi dalam 2 sesi. Para peserta berasal  dari anak-anak warga lokal AS, anak-anak pendatang dari berbagai negara yang menjadi anggota tetap museum, serta anak-anak anggota museum.

Dalam workshop yang menarik perhatian peserta tersebut, anak-anak akan diperkenalkan dengan teknik sederhana penggunaan canting dan lilin panas untuk menggambar bentuk batik yang diinginkan.



Motif-motif indah seprti motif kupu-kupu, kuda, dinosaurus, macan, komodo, hingga berbagai jenis bunga menambah antusiasme para peserta yang baru pertama kali mengikuti workshop ini. 

Selain penggunaan canting, pada bagian akhir workshop para peserta juga diperkenalkan bagaimana cara dan proses mewarnai batik dengan menggunakan pewarna kain. 

"Kegiatan yang menyenangkan. Saya belum pernah mengikuti kegiatan seperti ini sebelumnya," kata Catherine, peserta dari Virginia yang hadir bersama orang tuanya.

Sebagai satu rangkaian dari workshop ini, pada tanggal 2 Oktober 2017, KBRI Washington DC dan Textile Museum di George Washington University juga akan menampilkan Talk and Fashion Show batik menampilkan desainer dari Indonesia, NES. 


(FJR)