Putin Sebut Tidak Ada Diskusi Pembebasan Kru Ukraina

Willy Haryono    •    Minggu, 02 Dec 2018 19:06 WIB
ukrainarusiaRusia-Ukraina
Putin Sebut Tidak Ada Diskusi Pembebasan Kru Ukraina
Presiden Rusia Vladimir Putin dalam KTT G20 di Buenos Aires, Argentina, 30 November 2018. (Foto: AFP)

Buenos Aires: Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan tidak ada diskusi sejauh ini mengenai kemungkinan pembebasan tiga kapal Ukraina beserta semua krunya. Tiga kapal itu disita dan semua krunya ditahan Rusia bulan lalu karena dinilai telah melanggar batas perairan di Krimea.

Pernyataan disampaikan Putin di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Buenos Aires, Argentina, Sabtu 1 Desember 2018. Sejak terjadinya insiden bulan lalu, Rusia mengabaikan seruan internasional untuk membebaskan ketiga kapal beserta semua krunya yang berjumlah 24 orang.

"Kita perlu menetapkan fakta bahwa ini adalah provokasi oleh pemerintah Ukraina," ucap Putin, merujuk pada insiden di Selat Kerch, Krimea, Laut Hitam, seperti dilansir dari kantor berita Guardian.

"Pemerintah Ukraina tidak tertarik untuk menyelesaikan masalah ini sama sekali. Selama mereka masih berkuasa, perang akan berlanjut. Mengapa? Karena jika terjadi provokasi seperti itu, seperti yang telah terjadi di Laut Hitam, maka mereka akan menggunakan perang untuk menjustifikasi kegagalan perekonomian negara," lanjut dia.

Baca: Presiden Ukraina Peringatkan Perang Skala Penuh dengan Rusia

Sementara itu Ukraina membantah tidak berusaha menyelesaikan masalah ini. Presiden Ukraina Petro Poroshenko mengklaim dirinya telah berkali-kali meminta untuk berbicara dengan Putin via telepon, namun selalu ditolak.

"Kami sudah siap untuk bernegosiasi untuk menurunkan ketegangan. Namun Putin menolak permohonan saya untuk berbicara via telepon," ungkap Poroshenko.

Terkait insiden di Krimea, Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah membatalkan pertemuan resmi dengan Putin di KTT G20. Trump dan Putin hanya sempat berbincang singkat di acara jamuan makan malam.

Dalam kesempatan itu, Putin menjelaskan kepada Trump mengenai posisi Moskow dalam insiden di Krimea. Putin menyayangkan sikap Trump yang membatalkan rencana pertemuan.

"Sangat disayangkan kami tidak dapat menggelar pertemuan resmi yang sudah lama direncanakan," sebut Putin.


(WIL)