Putin Jawab Pertanyaan Trump Soal Krisis Krimea

Willy Haryono    •    Minggu, 02 Dec 2018 14:13 WIB
rusiaRusia-Ukraina
Putin Jawab Pertanyaan Trump Soal Krisis Krimea
Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: AFP)

Buenos Aires: Presiden Rusia Vladimir Putin mengaku telah menjawab sejumlah pertanyaan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengenai insiden penembakan dan penyitaan tiga kapal Ukraina di perairan Krimea. Keduanya berdiskusi di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Buenos Aires, Argentina, Sabtu 1 Desember.

Putin menyebut dirinya telah menjelaskan posisi Moskow kepada Trump mengenai krisis Krimea. Keduanya sempat bertemu singkat dalam jamuan makan malam pada Jumat 30 November.

"Kami mengobrol. Saya menjawab pertanyaannya mengenai insiden di Laut Hitam," ujar Trump kepada awak media di akhir G20, seperti dikutip dari kantor berita Japan Times, Minggu 2 Desember 2018.

Putin datang ke G20 dengan disambut kecaman dari beberapa pihak atas insiden di Krimea pekan lalu. Insiden itu terjadi saat Rusia menembaki dan menyita tiga kapal Ukraina serta menahan semua kru yang berjumlah 24 orang.

Baca: Rusia Tembak Kapal Perang Ukraina, Picu Krisis Terbaru

Insiden itu membuat Trump membatalkan jadwal pertemuan resminya dengan Putin di KTT G20.

Presiden Ukraina Petro Poroshenko terus menekan Rusia. Ia mengaku Putin menolak mengangkat teleponnya sejak krisis itu terjadi.

"Kami sudah siap untuk bernegosiasi untuk menurunkan ketegangan. Namun Putin menolak permohonan saya untuk berbicara via telepon," ungkap Poroshenko.

Poroshenko mengatakan kepada media France 24 bahwa Ukraina mencoba menyelesaikan krisis ini secara diplomatis. Namun ia berkukuh Rusia harus terlebih dulu mundur dari Krimea dan mengembalikan tiga kapal serta semua kru.



(WIL)