Trump Minta Senator Republik Bersatu demi Pengganti Obamacare

Willy Haryono    •    Selasa, 25 Jul 2017 10:48 WIB
donald trumppemerintahan as
Trump Minta Senator Republik Bersatu demi Pengganti Obamacare
Presiden AS Donald Trump. (Foto: EPA)

Metrotvnews.com, Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) menyerukan para senator Partai Republik untuk bersatu dan meloloskan program kesehatan terbaru pengganti Obamacare. 

"Sekarang waktunya beraksi," ujar Trump dalam sebuah pidato mengenai program kesehatan, seperti dikutip BBC.

Pemungutan suara terkait pengganti Obamacare dijadwalkan berlangsung di Senat AS pada Selasa 25 Juli 2017. Republik memiliki mayoritas di Senat, namun banyak juga dari mereka yang masih bingung dengan voting kali ini. 

Senator Ron Johnson mengatakan kepada awak media: "Saya tidak tahu kami akan memilih apa sebenarnya."

Para senator akan diminta memberikan suara mereka untuk memulai debat mengenai program asuransi kesehatan nasional. Republik hampir dipastikan tidak satu suara, karena terjadi perpecahan internal mengenai isu pengganti Obamacare. 

"Banyak dari kami menunggu bertahun-tahun untuk momen ini, dan akhirnya datang juga," kata pemimpin Senat dari Republik Mitch McConnell. 

Namun beberapa senator skeptis mengenai prosesnya, karena tidak jelas apa yang akan mereka pilih jika prosedur pemungutan suara diloloskan. 

Terdapat dua pilihan. Pertama adalah meloloskan undang-undang yang mengatur penggantian program Obamacare. Kedua, UU yang mengatur penggantian Obamacare dengan jeda dua tahun, dengan harapan akan dicapai kesepakatan sebelum masa tenggatnya berakhir. 

John McCain, senator senior Republik yang belakangan didiagnosis mengalami tumor otak, akan kembali ke Kongres untuk menggunakan hak pilihnya.


(WIL)