Protes Usia Pensiun, Ratusan Polisi Brasil Serbu Kongres

Willy Haryono    •    Rabu, 19 Apr 2017 12:34 WIB
politik brasil
Protes Usia Pensiun, Ratusan Polisi Brasil Serbu Kongres
Ratusan polisi yang sedang tidak bertugas berusaha menerobos masuk gedung Kongres di Brasilia, Brasil, 18 April 2017. (Foto: AFP/FABIO POZZEBOM)

Metrotvnews.com, Brasilia: Ratusan anggota serikat kepolisian Brasil bentrok dengan petugas antihuru-hara saat berusaha menerobos masuk ke gedung Kongres di Brasilia, Selasa 18 April 2017. 

Aksi unjuk rasa dilakukan untuk memprotes perubahan aturan usia pensiun yang dinilai merugikan polisi. 

Pendemo memecahkan kaca gedung, namun didorong balik sederet aparat yang menggunakan perisai dan gas air mata. 

Dalam laporan awal dari Kongres, seperti dikutip Reuters, disebutkan bahwa sekitar 500 pengunjuk rasa -- sebagian besar adalah polisi yang sedang tidak bertugas -- berusaha menginvasi gedung. 

Usaha penyerbuan berhasil dihalau tanpa ada korban luka. 


Polisi tanpa seragam menendang tabung gas air mata di area Kongres Brasil. (Foto: AFP)

Revisi aturan memicu kontroversi karena menetapkan usia pensiun di Brasil menjadi 65 tahun. Secara rata-rata, pekerja di Brasil pensiun di usia 54.

Unjuk rasa tetap dilakukan meski pemerintah Brasil mengumumkan adanya kelonggaran usia pensiun bagi wanita, guru, pekerja di pedalaman serta polisi.

Kelonggaran itu menetapkan usia pensiun di golongan tersebut menjadi 60 tahun, bukan 65. 

Brasil adalah salah satu negara dengan sistem pensiun paling menguntungkan pekerja, namun berimbas pada defisit anggaran pemerintah. Presiden Michel Temer berusaha menekan defisit dengan mengubah aturan pensiun.


(WIL)