Gunung Meletus, Pemerintah Hawaii Evakuasi Warga ke Pantai

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 04 May 2018 13:58 WIB
gunung berapi
Gunung Meletus, Pemerintah Hawaii Evakuasi Warga ke Pantai
Gunung Kilauea di Hawaii meletus. (Foto: AFP).

Hawaii: Pemerintah Amerika Serikat (AS) memerintahkan evakuasi warga Hawaii yang rumahnya dekat Gunung Kilauea. Gunung tersebut meletus, melepaskan lahar ke lingkungan pemukiman warga.

Para pejabat kabupaten, negara bagian dan federal telah memperingatkan warga sepanjang pekan untuk bersiap mengungsi. Sementara itu, pantai umum dibuka sebagai tempat penampungan warga.

Pemerintah daerah Hawaii mengatakan uap dan lava mengalir keluar dari celah Leilani Estates, dekat kota Pahoa di Big Island. Puna merupakan rumah bagi 10 ribu warga dan semuanya diperintahkan untuk mengungsi.

Seorang warga, dilansir dari The Guardian, melaporkan pancuran lava sangat tinggi, sekitar 45 meter ke udara. Seorang lainnya mengatakan suara lava terdengar menderu seperti mesin jet.

"Saya melihat lava tersebar di area seluas 182 meter di belakang Leilani Estates. Suaranya menderu seperti mesin jet," tukas Ikaika Marzo, Jumat 4 Mei 2018.

Ahli geologi Janet Babb mengatakan magma menyeberang di bawah jalan, yang mengarah ke titik akses gunung berapi.

Akibat letusan Gunung Kilauea, lembaga pertahanan sipil wilayah tersebut menutup daerah itu dari para pengunjung.

Pada 1924, Gunung Kilauea pernah memuntahkan abu sebanyak 9 ton yang berisi batu-batuan. Akibat bencana alam tersebut, seorang warga tewas.


(WAH)