Meksiko Pilih Presiden Baru Menggantikan Pena Nieto

Fajar Nugraha    •    Senin, 02 Jul 2018 10:50 WIB
meksiko
Meksiko Pilih Presiden Baru Menggantikan Pena Nieto
Andres Manuel Lopez Obrador menang besar dalam pemilihan umum presiden Meksiko (Foto: AFP).

Mexico City: Tokoh sayap kiri Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador menang besar dalam pemilihan umum presiden pada Minggu 1 Juli 2018.
 
Obrador akan menggantikan Enrique Pena Nieto yang sudah berkuasa di Meksiko sejak Desember 2012. Obrador yang biasa dikenal sebagai 'AMLO' menang besar dari dua rival terdekatnya usai pemungutan suara ditutup.
 
"Saya mengakui kemenangannya dan menyampaikan selamat dan saya mengharapkan dia mendapatkan kesuksesan besar untuk kebaikan Meksiko," ujar rival AMLO, Ricardo Anaya dari National Action Party (PAN), seperti dikutip AFP, Senin 2 Juli 2018.
 
Sementara Jose Antonio Meade dari koalisi Institutional Revolutionary Party (PRI) mengakui bahwa Obrador,-yang merupakan tokoh sayap kiri,- sudah memenangkan suara mayoritas. "Saya mendoakan sukses besar untuk Andres Manuel," ucapnya.
 
Ini adalah perubahan besar dalam politik Meksiko. PRI dan PAN sudah berkuasa selama hampir satu abad. Obrador akan menjadi presiden pertama yang berasal dari kalangan sayap kiri.
 
Tiga lembaga survei menyebutkan bahwa mantan Gubernur Meksiko City itu meraih kemenangan besar. Sementara surat kabar El Financiero mengungkapkan Obrador meraih 49 persen suara, Anaya 27 persen suara dan Meade 18 persen suara.
 
Terpilihnya Obrador diharapkan bisa membawa perubahan di Meksiko. Rakyat sudah tidak tahan lagi dengan korupsi berkepanjangan dan kekerasan kelompok kartel yang menewaskan warga sipil.
 


(FJR)


Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

21 minutes Ago

Amerika Serikat kembali diguncang skandal mata-mata. Kejaksaan wilayah Washington DC menahan seorang…

BERITA LAINNYA