Trump Kritik Obama yang Tak Segera Kunjungi Lokasi Banjir Louisiana

Sonya Michaella    •    Minggu, 21 Aug 2016 10:44 WIB
banjir as
Trump Kritik Obama yang Tak Segera Kunjungi Lokasi Banjir Louisiana
Donald Trump (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Louisiana: Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Donald Trump selangkah lebih cepat dari Presiden Barack Obama dalam mengunjungi Louisiana yang dihantam banjir bandang pada Jumat lalu.

Trump pun mengkritik Obama karena tak melakukan hal serupa setelah banjir bandang tersebut menelan sekitar 13 jiwa dan mengakibatkan lebih dari 30.000 orang harus dievakuasi.

Namun, Gedung Putih mengatakan Obama akan mengunjungi Louisiana pada Selasa mendatang.

"Harusnya Obama segera turun ke lapangan untuk melihat Louisiana," kata Trump pada kampanyenya di Michigan, seperti dikutip AFP, Minggu (21/8/2016).

Gedung Putih pun menegaskan bahwa Obama sadar bahwa perjalanannya ke Louisiana pada saat proses penyelamatan dan evakuasi itu akan mengganggu upaya pemulihan yang sedang berlangsung.



Hal tersebut juga diungkapkan Gubernur Louisiana, John Bel Edwards yang mengatakan sebaiknya Obama menunggu selama kurang lebih sepekan untuk mengunjungi Lousiana karena keadaan yang benar-benar darurat.

"Kami perlu setiap orang agar fokus pada penyelamatan. Tim yang ada di sini juga mendapat perintah dari Obama agar melakukan pekerjaan dengan cepat," ungkapnya.

Louisiana National Guard melaporkan 1.000 personel Garda Nasional telah digerakkan untuk menyisir wilayah banjir dengan menggunakan 170 kendaraan air tinggi, 20 perahu, dan 5 helikopter yang siap sedia menolong korban banjir.

Banjir hebat ini diawali guyuran hujan yang sangat deras sejak Jumat 12 Agustus hingga Minggu 14 Agustus, tanpa henti. Sepanjang akhir pekan, sungai-sungai di negara bagian itu khususnya sungai di sekitar Baton Rouge meluap akibat curah hujan yang tinggi.


(WIL)