Mantan Wapres Argentina Divonis 5 Tahun Penjara

Arpan Rahman    •    Rabu, 08 Aug 2018 18:44 WIB
politik argentina
Mantan Wapres Argentina Divonis 5 Tahun Penjara
Mantan Wapres Argentina Amado Boudou. (Foto: AFP/EITAN ABRAMOVICH)

Buenos Aires: Mantan Wakil Presiden Argentina Amado Boudou dinyatakan bersalah atas tuduhan korupsi, Selasa 7 Agustus 2018. Ia pun dijatuhi vonis lima tahun dan 10 bulan penjara.

Pengadilan memerintahkan penangkapan segera terhadap Boudou. Dia juga didenda 90.000 peso Argentina atau sekitar sekitar Rp47 juta.

Boudou, yang menjabat wapres selama pemerintahan mantan Presiden Cristina Fernandez de Kirchner antara 2011-2015, berkukuh tidak bersalah. Dia merasa telah menjadi korban penganiayaan politik oleh Presiden Mauricio Macri.

"Proses peradilan ini aneh sejak awal, karena tanggung jawab pembuktian terbalik. Saya harus membuktikan saya tidak mengenal seseorang, membuktikan saya tidak menghadiri pertemuan," kata Boudou, menurut Buenos Aires Times, seperti dikutip dari UPI, Rabu 8 Agustus 2018.

Tim jaksa mengatakan Boudou mencabut status bangkrut Ciccone Calcografica, perusahaan pencetak uang, pada 2010 ketika dia menjabat Menteri Ekonomi Argentina. Sebagai imbalan untuk pencabutan status, Boudou dituduh menerima sebagian saham perusahaan.

Persidangan ini mengakhiri empat tahun perjalanan Boudou, yang dituntut pasal korupsi pada Juni 2014. Ia adalah warpres pertama di Argentina yang menghadapi tuntutan pidana.


(WIL)