Tingkatkan Perlindungan WNI, Konjen Chicago Temui Imigrasi Detroit

Fajar Nugraha    •    Kamis, 10 May 2018 11:07 WIB
indonesia-asperlindungan wni
Tingkatkan Perlindungan WNI, Konjen Chicago Temui Imigrasi Detroit
Pertemuan Konjen RI Rosmalawati dengan pejabat Immigration and Customs Enforcement (ICE) Detroit Rebecca Adducci. (Foto: KJRI Chicago).

Chicago: Konsul Jenderal (Konjen) RI di Chicago, Rosmalawati Chalid melaksanakan pertemuan dengan  Field Office Director of Immigration and Customs Enforcement (ICE) Detroit Rebecca Adducci. Pertemuan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kerja sama dalam perlindungan WNI, khususnya menghadapi kebijakan imigrasi dan perbatasan AS.
 
"Melalui pertemuan ini, KJRI Chicago berupaya menciptakan kerjasama yang lebih baik dengan pihak imigrasi AS. Sehingga, apabila terdapat WNI yang bermasalah, kami bisa memastikan WNI tersebut akan mendapat perlakuan yang baik dan terpenuhi hak-haknya," ujar Konjen Rosmalawati, usai pertemuan 8 Mei 2018 itu, seperti dikutip dari keterangan tertulis KJRI Chicago yang diterima Medcom.id, Kamis 10 Mei 2018.
 
"Setiap imigran yang ditangkap ataupun ditahan di AS berhak untuk melakukan kontak dengan perwakilan negaranya dan keluarga. Mereka juga berhak mendapat pendampingan pengacara dan penerjemah selama proses persidangan berlangsung," imbuhnya.
 
Sementara itu pihak ICE Detroit menyatakan bahwa jumlah WNI bermasalah yang ditangkap, ditahan dan dideportasi oleh ICE Detroit selama 5 (lima) tahun hampir tidak ada. ICE Detroit memuji bahwa hal itu merupakan keberhasilan KJRI Chicago yang senantiasa mengajak WNI untuk menghormati peraturan yang berlaku di AS dan memastikan kelengkapan dokumen keimigrasian.
 
ICE adalah agen penegakan hukum federal AS yang bertanggung jawab untuk proses identifikasi, investigasi dan pemecahan kasus yang berkaitan dengan permasalahan keimigrasian dan keamanan perbatasan AS. ICE Detroit sendiri bertanggung jawab untuk wilayah negara bagian Michigan dan Ohio.
 
"KJRI Chicago siap 24/7 (24 jam dalam seminggu) membantu WNI di Midwest AS yang tertimpa permasalahan hukum maupun musibah seperti kecelakaan, sakit dan lain sebagainya,” tegas Konjen Rosmalawati.
 
Saat ini terdapat setidaknya 11.000 WNI yang tinggal di wilayah Midwest AS, dengan konsentrasi di negara bagian Illinois, Wisconsin, Michigan, Ohio dan Indiana. Umumnya, mereka adalah pelajar dan permanent resident.


(FJR)