Pasukan Garda Nasional AS Dikirim ke Perbatasan Meksiko

Fajar Nugraha    •    Kamis, 12 Apr 2018 18:47 WIB
pemerintahan as
Pasukan Garda Nasional AS Dikirim ke Perbatasan Meksiko
Pasukan Garda Nasional Amerika Serikat dikerahkan ke perbatasan Meksiko (Foto: AFP).

California: Otoritas California setuju, Rabu 11 April, untuk memenuhi permintaan pemerintahan federal meningkatkan operasi Garda Nasional di sepanjang perbatasan negara bagian dengan Meksiko.
 
Garda Nasional California akan menerima dana federal "untuk menambah sekitar 400 anggota Garda di seluruh negara bagian buat melengkapi staf program yang sedang berlangsung demi memerangi kejahatan transnasional," kata Gubernur California Jerry Brown dalam sebuah surat kepada Menteri Keamanan Dalam Negeri Kirstjen Nielsen dan Menteri Pertahanan James Mattis .
 
"Pendanaan Anda untuk staf baru akan memungkinkan Garda melakukan apa yang terbaik: mendukung operasi yang menargetkan geng kejahatan lintas negara, pedagang manusia, dan senjata api ilegal serta penyelundup obat bius di sepanjang perbatasan, pantai dan di seluruh negara bagian," kata Brown, seperti dilansir UPI, Kamis 12 April 2018.
 
Brown menambahkan bahwa program Garda Nasional dikelola oleh 250 personel di seluruh negara bagian, termasuk 55 di perbatasan. Tapi anggota tambahan tidak akan digunakan menegakkan undang-undang imigrasi.
 
"Mari kita jernih dalam lingkup misi ini," kata Brown.
 
"Ini bukan misi untuk membangun tembok baru. Ini bukan misi mengumpulkan wanita dan anak-anak atau menahan orang-orang yang melarikan diri dari kekerasan dan mencari kehidupan yang lebih baik. Dan Garda Nasional California tidak akan menegakkan undang-undang imigrasi federal," tambahnya.
 
Presiden Amerika Serikat Donald Trump berkata, Kamis 12 April, dia mempertimbangkan mengirim pasukan "di mana saja dari 2.000 hingga 4.000 personel". Tujuannya buat membantu agen Patroli Perbatasan dengan menjaga perbatasan dan menghentikan apa yang dia sebut "gelombang aktivitas ilegal."
 
Gubernur Texas Gregg Abbott setuju mengirim sampai dengan 1.400 pasukan Garda Nasional. Sementara Gubernur Arizona Doug Ducey setuju mengirim 350 awak dan Gubernur New Mexico Susana Martinez berkata akan mengerahkan 250 personel.


(FJR)


62 Militan Al-Shabab Tewas Dihantam Serangan AS

62 Militan Al-Shabab Tewas Dihantam Serangan AS

10 hours Ago

Militer Amerika Serikat (AS) mengatakan telah menewaskan 62 anggota kelompok militan Al-Shabab…

BERITA LAINNYA