Kapal Perang AS Kembali Ditembaki di Perairan Yaman

Willy Haryono    •    Minggu, 16 Oct 2016 11:00 WIB
konflik yaman
Kapal Perang AS Kembali Ditembaki di Perairan Yaman
Kapal perang AS USS Mason. (Foto: AFP/Getty)

Metrotvnews.com, Baltimore: Kapal perang Amerika Serikat (AS) USS Mason kembali ditembaki di perairan internasional di lepas pantai Yaman. Kapal melakukan manuveral menghindar dan tidak terkena tembakan.

Insiden terjadi pada Sabtu malam atau Minggu (16/10/2016) waktu Yaman. Sedikitnya satu misil ditembakkan dalam kejadian tersebut. 

"Mason sekali lagi diserang di Laut Merah. Lagi-lagi tipe misil coastal defense cruise yang ditembakkan dari pesisir Yaman," ujar Laksamana John Richardson dari Angkatan Laut AS, dalam sebuah acara di Baltimore, seperti dilansir NBC News

USS Mason dua kali menjadi target misil dari area yang dikuasai pemberontak di perairan Yaman sepanjang pekan ini. AS merespons serangan dengan meluncurkan misil yang menghancurkan tiga situs radar. 

Serangan terhadap tiga situs radar di Yaman dilancarkan dari kapal USS Nitze pada Kamis kemarin. 

Yaman dilanda konflik sejak dua tahun terakhir antara pasukan pemerintah melawan pemberontak Houthi. Lebih dari 4.000 warga sipil tewas sejak konflik memanas pada Maret 2015. 

Houthi membantah keras telah menyerang kapal perang AS, dan menyebutnya sebagai tuduhan tak berdasar. 

Setelah terjadinya serangan terhadap kapal perang AS di Selat Bab el-Mandeb, juru bicara Kementerian Pertahanan atau Pentagon Peter Cook menegaskan Negeri Paman Sam akan merespons ancaman apapun dan tetap menjalankan aktivitas kebebasan bernavigasi di Laut Merah, Bab al-Mandeb dan perairan manapun di dunia.


(WIL)

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

5 hours Ago

Proses pemakaman untuk tokoh revolusi Kuba, Fidel Castro mulai dipersiapkan di kota terbesar kedua…

BERITA LAINNYA