Meksiko Temukan Hampir 200 Migran dalam Sebuah Truk

Willy Haryono    •    Minggu, 04 Feb 2018 20:00 WIB
imigran gelapmeksiko
Meksiko Temukan Hampir 200 Migran dalam Sebuah Truk
Para migran ilegal ditemukan petugas berhimpitan di sebuah truk di Tamaulipas, Meksiko, 3 Februari 2018. (Foto: EPA)

Tamaulipas: Hampir 200 migran tak berdokumen dari Amerika Tengah ditemukan tersembunyi di dalam sebuah truk tanpa memiliki makanan atau air minum di Meksiko wilayah timur laut, Sabtu 3 Februari 2018. 

Pria, wanita dan anak-anak itu ditemukan berhimpitan di dasar sebuah truk di negara bagian Tamaulipas yang berbatasan dengan Texas, Amerika Serikat. 

Mereka telah menempuh perjalanan dari Guatemala, Honduras dan El Salvador untuk menuju Negeri Paman Sam. Tiga orang telah ditangkap atas dugaan penyelundupan manusia.

Seperti dilansir BBC, Kepolisian Meksiko mengatakan truk itu dihentikan di sebuah pos pemeriksaan. Alat pemindai kemudian mendeteksi keberadaan manusia di dalam truk.

Saat ditemukan, para migran itu tidak membawa makanan dan minuman, serta harus berhimpitan tanpa diberi ventilasi udara yang memadai. Sebanyak 24 dari migran itu adalah anak-anak yang tidak didampingi orangtua.

Bulan lalu, lebih dari 170 migran tak berdokumen dari Amerika Tengah ditahan polisi di negara bagian Coahuila dan Tamaulipas. 

Guatemala, Honduras dan El Salvador adalah tiga negara terbanyak penyumbang migran ilegal yang ingin masuk ke AS.

Presiden AS Donald Trump telah bertekad ingin menekan angka migran dan imigran, baik itu yang datang secara legal maupun ilegal. Ia juga terus mendorong rencana kontroversialnya: membangun tembok besar di sepanjang perbatasan Meksiko.


(WIL)