Trump Batal Hadiri Pembukaan Kedubes Baru AS di London

Willy Haryono    •    Jumat, 12 Jan 2018 13:50 WIB
donald trumppemerintahan as
Trump Batal Hadiri Pembukaan Kedubes Baru AS di London
Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)

Washington: Presiden Donald Trump mengaku tidak memiliki rencana lagi untuk menghadiri kedutaan besar baru Amerika Serikat (AS) di London, Inggris, Kamis 11 Januari 2018.

Pengumuman disampaikan Trump dalam sebuah tulisan di Twitter pada tengah malam, di tengah laporan bahwa sejumlah orang di Inggris akan menyambut Trump dengan unjuk rasa.

Dalam tulisannya, Trump mengaku tidak menyukai lokasi kedubes baru dan harga pembangunannya. 

"Alasan mengapa saya membatalkan kunjungan ke London karena saya tidak suka pemerintahan (Barack) Obama yang telah menjual lokasi dan kedubes terbaik di London untuk ditukar dengan kacang," tulis Trump.

"Sekarang kedubes yang baru dibangun di sebuah lokasi yang buruk dengan harga USD1,2 miliar," lanjut dia. "Itu perjanjian yang buruk. Ingin saya menggunting pita (meresmikan)? Tidak!"

Trump telah ditawari kunjungan kenegaraan ke Inggris, namun tanggal pastinya belum ditentukan. Hal ini juga terkait dengan penolakan sebagian warga Inggris terhadap Trump. 

Pada 7 Januari, Perdana Menteri Theresa May menegaskan kunjungan kenegaraan masih tetap sesuai rencana. "Trump akan datang ke Inggris," tutur dia.


(WIL)