Kecelakaan Kapal Perang AS Paksa Dua Komandan Dibebas Tugas

Arpan Rahman    •    Rabu, 11 Oct 2017 21:38 WIB
amerika serikat
Kecelakaan Kapal Perang AS Paksa Dua Komandan Dibebas Tugas
Kapal perang AS USS John McCain yang tabrakan dengan kapal tanker (Foto: The Straits Times).

Metrotvnews.com, Washington: Komandan dan pejabat eksekutif di kapal induk USS John S. McCain dibebaskan dari tugas mereka, pada Rabu 11 Oktober. 
 
Alasannya karena kehilangan kepercayaan diri setelah kapal perang itu dan sebuah kapal tanker minyak bertabrakan di dekat Singapura pada Agustus.
 
 
Penyebab tabrakan 21 Agustus masih dalam penyelidikan, namun Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) menggambarkannya sebagai hal yang dapat dicegah. Pernyataan AL AS mengatakan Komodor Alfredo J. Sanchez dan petugas eksekutif kapal, Komodor Jessie L. Sanchez, dialihtugaskan.
 
Kecelakaan tersebut menewaskan 10 marinir AS dan melukai lima lainnya. Salah satu dari beberapa kecelakaan di wilayah yang menimbulkan kekhawatiran akan keamanan dan efektivitas operasional kapal Angkatan Laut AS.
 
Beberapa pejabat Angkatan Laut telah menyebutkan ketegangan dari pekerjaan yang sering terjadi, pemeliharaan tertunda, dan hampir satu dekade batasan anggaran serta pengurangan sumber daya yang ditujukan untuk pelatihan sebagai sejumlah faktor.
 
Namun, pernyataan Angkatan Laut AS tersebut menyebutkan pihaknya juga "membuktikan tabrakan dapat dicegah, perwira komando melakukan penilaian yang buruk dan petugas eksekutif menjalankan kepemimpinan program pelatihan kapal yang buruk."
 
Dilansir CBS News, Rabu 11 Oktober 2017, Angkatan Laut Paman Sam memecat komandan Armada Pertama, Wakil Admiral Joseph Aucoin, yang berbasis di Jepang, sesaat menyusul kecelakaan USS McCain.
 
 
Mengikuti tabrakan USS Fitzgerald dengan sebuah kapal kontainer di perairan lepas pantai Jepang pada Juni, yang menewaskan tujuh pelaut. Pada Januari, USS Antietam kandas di dekat pangkalan Yokosuka di Jepang, dan pada Mei USS Lake Champlain tabrakan kecil dengan kapal nelayan Korea Selatan.
 
Komandan USS McCain Komodor A. Sanchez, dialihtugaskan kembali ke markas Angkatan Laut Jepang dan Komodor J. Sanchez dipindahkan ke Fasilitas Perbaikan Kapal di Yokosuka, pelabuhan induk Armada ke-7, kata Angkatan Laut.
 
Dikatakan bahwa Komodor Ed Angelinas, mantan komandan USS McCampbell, ditunjuk sebagai pejabat komandan USS McCain. Letnan Komodor Ray Ball, kepala mesin USS Antietam, bertindak sebagai pejabat eksekutif.



(FJR)