Protes Reformasi Pensiunan, Warga Brasil Jarah Sejumlah Toko

Sonya Michaella    •    Sabtu, 29 Apr 2017 18:09 WIB
demo massabrasil
Protes Reformasi Pensiunan, Warga Brasil Jarah Sejumlah Toko
Para aktivis merusak toko dan membakar bus serta mobil. (Foto: BBC)

Metrotvnews.com, Rio de Janeiro: Protes warga Brasil akibat adanya reformasi jaminan pensiun berujung ricuh. Sejumlah bus dan mobil dibakar di pusat kota Rio de Janeiro.

Para aktivis memblokade jalan-jalan utama, membakar dan merusak toko, serta menguras semua isi toko.

Dilansir BBC, Sabtu 29 April 2017, aksi penjarahan ini kembali meledak di Brasil setelah yang terakhir terjadi pada 20 tahun silam.

Protes ini sebenarnya sudah berlangsung damai selama beberapa hari. Bahkan, pada hari ini, warga pun masih tetap tinggal di rumah. Toko-toko, sekolah serta bank di Brasil masih tutup.



Aktivis pun melemparkan batu ke arah polisi dan membuat polisi terpaksa menembakkan gas air mata. Sejumlah kota di Brasil seperti Sao Paulo juga dijaga ketat demi menghindari bentrokan baru di sana. Namun, polisi tampaknya tak menyadari bahwa ada segerombolan warga yang bergerak menuju rumah pribadi Presiden Brasil Michel Temer. 

Temer mengatakan dia menyesalkan insiden di Rio. Tetapi dia menekankan bahwa dia akan melanjutkan upayanya untuk memodernisasi negara.

"Para pekerja di Brasil dan pemerintah bekerja sama, untuk membuat negara ini keluar dari keadaan yang buruk," kata Temer.

Kebijakan baru terkait buruh di mana pemerintah menaikkan batas usia pensiun dan mengurangi pemberian uang pensiun membuat para aktivis berang.

Pemerintah berpendapat bahwa kebijakan itu dibutuhkan untuk menghindari kegagalan sistem pensiun.


(FJR)