Senat AS: Suu Kyi sedang Berusaha Bantu Rohingya

Sonya Michaella    •    Jumat, 15 Sep 2017 10:28 WIB
konflik myanmarrohingyapengungsi rohingya
Senat AS: Suu Kyi sedang Berusaha Bantu Rohingya
Pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Washington: Senat Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi sedang berusaha mencari bantuan untuk para pengungsi Rohingya.

Mitch McConnell, Ketua Mayoritas Senat AS, mengaku sempat berbincang dengan Suu Kyi via telepon. Dalam percakapan tersebut, Suu Kyi setuju bahwa akses bantuan kemanusiaan untuk Rakhine harus dibuka.

"Dia setuju (buka akses bantuan kemanusiaan), terutama bantuan dari Palang Merah Internasional. Ia mengatakan, ia sedang bekerja untuk mencapai tujuan itu," ujar McConnell, dikutip dari AFP, Jumat 15 September 2017.

McConnell sendiri berasal dari Partai Demokrat. Anggotanya mendominasi jumlah kursi di parlemen dan Senat.  
Sebelumnya, ia berkali-kali melontarkan kritik terhadap resolusi yang diajukan di Senat AS, yang berisi desakan agar Suu Kyi berbuat lebih untuk penduduk minoritas etnis Rohingya Myanmar. 

McConnell selama bertahun-tahun berteman dekat dengan Suu Kyi. Ia mengatakan, Suu Kyi menyampaikan kepada dirinya bahwa pelanggaran hak asasi manusia perlu diperhatikan. 

Menurut laporan, Rohingya memiliki populasi 1,1 juta jiwa dan bertahun-tahun mengalami diskriminasi di Myanmar. Mereka ditolak kewarganegaraannya meskipun banyak memiliki nenek moyang yang 'mengakar' di wilayah tersebut.

Pelapor khusus PBB mengenai hak asasi manusia di Myanmar mengatakan bahwa kekerasan terakhir mungkin telah menyebabkan lebih dari 1.000 orang tewas, kebanyakan dari mereka adalah Rohingya.
 
Myanmar mengatakan jumlah korban tewas sekitar 430, sebagian besar dari mereka "teroris ekstremis" dari Arakan Rohingya Salvation Army (ARSA).
 
Dikatakan bahwa 30.000 etnis Rakhine dan Buddha lainnya telah dipindahkan ke dalam wilayah utara Rakhine. Di sana, program bantuan telah dikurangi karena kekerasan merebak.





(WIL)

Bersama Membantu Rohingya

Bersama Membantu Rohingya

1 hour Ago

AUNG San Suu Kyi oleh dunia internasional sesungguhnya dinilai memiliki semua prasyarat yang diperlukan…

BERITA LAINNYA