Gubernur Florida Meminta 5,6 Juta Warga Mengungsi

Marcheilla Ariesta    •    Sabtu, 09 Sep 2017 11:40 WIB
topan badai
Gubernur Florida Meminta 5,6 Juta Warga Mengungsi
Badai Irma menghancurkan sejumlah pulau di Karibia, Kamis (7/9/2017). Foto-foto: AFP

Metrotvnews.com, Florida: Gubernur negara bagian Florida Rick Scott meminta 5,6 juta warganya mengungsi jelang hantaman Badai Irma di wilayah Amerika Serikat (AS) itu. Dia berulang kali mendesak warga Florida untuk tak meremehkan kekuatan badai Irma.

Menurut dia, badai Irma ini jauh lebih parah dibanding badai Andrew yang dianggap sebagai badai paling merusak yang menyerang negara bagian itu pada 1992 silam.

"Anda harus pergi sekarang," kata Scott dalam konferensi pers pada Jumat malam waktu setempat, dilansir dari laman The New York Times, Sabtu 9 September 2017.

"Tidak malam ini, tidak dalam satu jam mendatang, tetapi sekarang!"

Administrator Badan Federal Managemen Bencana (FEMA) Brock Long, juga memperingatkan warga Alabama hingga North Carolina untuk memantau badai dan membuat persiapan.

Hal sama juga dilakukan Gubernur Alabama Kay Ivey. Ia  mengeluarkan perintah keadaan darurat penuh dalam mempersiapkan negara bagian menghadapi badai Irma.

Gubernur South Carolina Henry McMaster mengumumkan bahwa dia telah memerintahkan wajib evakuasi di beberapa pulau, termasuk pulau resor populer Hilton Head yang dimulai pada Sabtu pukul 10.00 waktu setempat.

Saat ini, badai Irma tengah menerjang Bahama dan bagian utara Kuba. Badai ini diperkirakan menyerang Florida Sabtu malam nanti waktu setempat. Dilaporkan, kecepatan angin yang ditimbulkan mampu mematahkan pohon dan tiang listrik serta menerbangkan atap bangunan.

Baca: Puerto Rico Bersiap Dihantam Badai Irma

Badai Irma yang menyerang wilayah Amerika Latin masuk ke dalam badai berkategori 5. Intensitas badai sudah menyebabkan banjir di timur laut Kuba pada Jumat waktu setempat. Menurut Pusat Badai Nasional AS, badai ini terus bergerak sepanjang garis pantai utara negara tersebut.

Sementara itu, di Karibia, lebih dari 20 orang tewas dan pulau-pulau nan eksotis di sana mengalami kerusakan parah.




(UWA)

Bersama Membantu Rohingya

Bersama Membantu Rohingya

1 hour Ago

AUNG San Suu Kyi oleh dunia internasional sesungguhnya dinilai memiliki semua prasyarat yang diperlukan…

BERITA LAINNYA