Kebakaran Hutan Picu Evakuasi di California Utara

Willy Haryono    •    Senin, 02 Jul 2018 13:31 WIB
kebakaran hutan
Kebakaran Hutan Picu Evakuasi di California Utara
Petugas berusaha memadamkan api Pawnee Fire di Clearlake Oaks, California, AS, 1 Juli 2018. (Foto: AFP/JOSH EDELSON)

California: Otoritas California mengeluarkan peringatan bahaya dan evakuasi wajib bagi warga usai serangkaian kebakaran hutan, yang diperparah udara kering dan angin kencang, melalap ribuan hektare lahan.

Hingga Minggu 1 Juli 2018 malam waktu setempat, seperti dikutip dari kantor berita AFP, api di Yolo County telah meluas hingga ke area seluas 22 ribu hektare.

Lebih dari 100 mobil pemadam kebakaran dan belasan helikopter dikerahkan untuk memadamkan api. Kebakaran dilaporkan telah meluas hingga ke Napa County pada Minggu malam.

Terdapat juga kebakaran aktif lain di Lake County, yang telah membakar 14.150 hektare lahan. Namun 73 persen dari total kebakaran ini telah berhasil diatasi petugas.

Sementara api di San Joaquin telah meluas ke area 12 ribu hektar dan 75 persennya sudah berhasil dipadamkan.

Tahun lalu merupakan yang paling mematikan dalam sejarah kebakaran hutan di California.

Api bernama Thomas Fire telah menewaskan dua orang dan merusak lebih dari 1.000 bangunan pada Desember tahun lalu. Kebakaran itu disebut-sebut sebagai yang paling destruktif sejak 1932.

Kebakaran di Napa dan Sonoma pada dua bulan sebelumnya menewaskan sekitar 40 orang, melalap 245 ribu hektare hutan dan lahan, serta menghancurkan lebih dari 7.000 rumah.


(WIL)