Museum Berusia 200 Tahun di Brasil Terbakar

Sonya Michaella    •    Senin, 03 Sep 2018 10:43 WIB
brasil
Museum Berusia 200 Tahun di Brasil Terbakar
Museum Nasional Brasil yang terbakar habis. (Foto: CNN)

Rio de Janeiro: Api besar telah melalap sebuah museum tua berusia 200 tahun di Brasil. Insiden ini dikhawatirkan akan menghabiskan puluhan juta benda bersejarah di dalamnya.

Menurut saksi, api mulai muncul usai jam kunjungan berakhir dan masih berkobar hingga Minggu malam di museum yang terletak di ibu kota Rio de Janeiro ini.

"Kerugian yang dialami sangat besar. 200 tahun kerja, penelitian dan pengetahuan hilang. Ini hari yang menyedihkan bagi semua orang Brasil," kata Presiden Michel Temer, dikutip dari CNN, Senin 3 September 2018.

Direktur Museum Nasional Brasil, Joao Carlos Nara pun mengatakan, kerusakan akibat kebakaran hebat ini dinilai tak bisa diperbaiki.

Museum ini didirikan pada 6 Juni 1818 lalu oleh Joao VI dari Portugal saat berkunjung ke Brasil, yang saat itu mengemban tugas sebagai bagian dari keluarga kerajaan dan kekaisaran. 

Saat ini, Museum Nasional Brasil dikelola oleh Museum Pendidikan Brasil. Di museum ini banyak koleksi pra-kolonial era Imperial Brasil, yang dimulai awal 1800-an.

Selain itu, terdapat pula benda penting di dalamnya yaitu artefak Mesir dan fosil manusia tertua yang pernah ditemukan di Brasil.


(WIL)