Anggota Kriminal Tembak Helikopter Polisi, 4 Orang Tewas

Fajar Nugraha    •    Rabu, 07 Sep 2016 12:53 WIB
geng meksiko
Anggota Kriminal Tembak Helikopter Polisi, 4 Orang Tewas
Ilustrasi: Reuters

Metrotvnews.com, Meksiko City: Sebuah helikopter polisi dilaporkan jatuh di Meksiko. Dikabarkan helikopter itu jatuh karena ditembak anggota kelompok kriminal.
 
Helikopter itu diketahui tengah mendukung operasi menangkap seorang pimpinan geng kriminal di Michoacan. Menurut Gubernur Silvano Aureoles, helikopter itu jatuh di wilayah daratan yang terpencil.
 
Namun Aureoles tidak mengatakan bagaimana helikopter ditembak jatuh di Apatzingan, Michoacan. Selama bertahun-tahun, daerah ini dipenuhi dengan kekerasan narkoba dan aksi kriminal.
 
"Sejalan dengan tanggung jawab untuk melindungi warga, pemerintah tidak akan pernah menyerah melawan kejahatan," ujar Gubernur Aureoles, seperti dikutip AFP, Rabu (7/9/2016).
 
Peristiwa ini merupakan yang kedua kalinya terjadi sejak 2015 lalu, ketika sebuah kelompok kriminal menembak jatuh sebuah helikopter di Jalisco. Saat itu kartel narkoba generasi terbaru di Jalisco menembak jatuh sebuah helikopter militer yang menewaskan tujuh prajurit dan polisi wanita.
 
Di wilayah Michoacan kartel narkoba Knights Templar berkuasa di wilayah Tierra Caliente. Pada 2013 petani jeruk membentuk pasukan milisi untuk melawan geng narkoba itu.
 
Kekuatan kartel ini melemah di saat pihak berwenang menangkap dan membunuh petingginya. Tetapi kelompok kriminal lainnya justru muncul usai Knights Templar melemah.
 
Sedangkan angka pembunuhan di Michoacan meningkat tajam hingga 678 tercatat pada tujuh bulan pertama 2016. Hal ini jauh meningkat dibanding pada 2015, yang mencapai 777 angka pembunuhan secara total.



(FJR)