AS Setujui Bantuan Militer Terbesar untuk Israel

Haufan Hasyim Salengke    •    Kamis, 15 Sep 2016 00:30 WIB
amerika serikat
AS Setujui Bantuan Militer Terbesar untuk Israel
Misil yang dilesakan dari Israel (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Amerika Serikat: Kemampuan pertahanan Israel bakal semakin mumpuni setelah Amerika Serikat (AS) menyetujui paket bantuan militer senilai USD38 miliar bagi Negeri Yahudi untuk 10 tahun ke depan. Itu merupakan bantuan yang terbesar dalam sejarah AS.

Langkah itu memberikan nafas baru dalam hubungan AS-Israel, yang mendingin sejak Presiden Barack Obama terus-menerus mengecam keras langkah pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu terkait pembangunan permukiman ilegal di wilayah Palestina.

Nilai bantuan itu adalah yang terbesar dalam sejarah 'Negeri Paman Sam'. Selama ini Israel menerima bantuan USD3,1 miliar saban tahun dari AS. Artinya kebijakan baru mengerek bantuan ‘Negeri Paman Sam’ untu Tel Aviv menjadi USD3,8 miliar per tahun.

Perjanjian terbaru yang ditandatangani pada Rabu 14 September itu sekaligus menggantikan paket 10 tahunan yang akan berakhir pada 2018. Pakta itu hasil dari 10 bulan perundingan di tengah meningkatnya ketidaksamaan sikap soal proses perdamian Timur Tengah.

“Itu merupakan ikrar kesepakatan tunggal terbesar terkait bantuan militer bilateral dalam sejarah AS," ungkap Departemen Luar Negeri AS seperti dilaporkan AFP.


(Des)