Korban Tewas Bendungan Jebol Brasil Jadi 58 Orang

Sonya Michaella    •    Senin, 28 Jan 2019 14:28 WIB
bendunganbrasil
Korban Tewas Bendungan Jebol Brasil Jadi 58 Orang
Lumpur yang mengalir dari bendungan yang jebol. (Foto: CNN)

Rio de Janeiro: Dari 34 orang, kini korban tewas tragedi bendungan jebol di Brasil menjadi 58 orang. Insiden ini terjadi pada Jumat 25 Januari 2019 dan mengakibatkan banjir lumpur.

Dilansir dari CNN, Senin 28 Januari 2019, sekitar 427 orang berada di bendungan yang terletak di Minas Gerais ini jebol. Hingga saat ini, ratusan orang masih dinyatakan hilang.

Jebolnya bendungan membuat jutaan ton limbah cair tumpah ke area pertambangan Vale dan area persawahan hingga ke kota Brumadinho.

Puluhan helikopter dikerahkan dalam operasi penyelamatan, karena limbah cair melalap bangunan, kendaraan dan jalan raya.

Dari sekitar 170 korban selamat, 23 dari mereka dilarikan ke rumah sakit akibat luka-luka. Presiden Brasil Jair Bolsonaro bertolak menuju lokasi terdampak bencana, dan mengatakan di Twitter bahwa "sulit rasanya tidak merasa emosional saat melihat lokasi kejadian."

Militer Brasil mengerahkan 1.000 personel gabungan, termasuk kelompok anjing pelacak, ke area terdampak untuk mencari korban hilang.

Musibah ini merupakan kondisi darurat besar pertama bagi Jair Bolsonaro dan pemerintahan baru Brasil yang baru dimulai pada awal Januari. Media lokal menyebut jebolnya bendungan ini mungkin salah satu yang terbesar dalam sejarah Brasil.


(FJR)